Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Simak Pengertian dan Tips dalam Memilih Asuransi Melahirkan

Kompas.com - 16/01/2023, 19:10 WIB
Agustinus Rangga Respati,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Asuransi melahirkan atau bisa juga disebut asuransi kehamilan dan asuransi persalinan adalah produk asuransi yang menanggung segala biaya dari proses kehamilan sampai persalinan.

Dilansir dari laman sikapiuangmu.ojk.go.id, saat ini produk asuransi kesehatan baik swasta maupun BPJS Kesehatan telah menanggung biaya pemeriksaan kehamilan dan persalinan.

Hal ini penting untuk pasangan lantaran angka kematian ibu dan bayi di Indonesia masih tergolong tinggi. Menurut Data Profil Kesehatan Indonesia pada tahun 2021 terdapat 7.389 kematian ibu pada masa kehamilan dan persalinan.

Baca juga: Jokowi Minta OJK Selesaikan Masalah di Industri Asuransi

Namun perlu diingat, setiap perusahaan asuransi kesehatan memiliki kebijakan yang berbeda-beda jadi saat merencanakan dana untuk persiapan kehamilan.

Polis asuransi melahirkan perlu ditilik kembali, misalnya asuransi kesehatan yang dimiliki apakah hanya menanggung persalinan secara normal. Pasalnya, ketika pasangan berencana melakukan persalinan secara bedah sesar perlu mempertimbangkan untuk membeli asuransi melahirkan sebagai polis tambahan atau rider pada asuransi kesehatan.

Seperti asuransi kesehatan, asuransi melahirkan memberikan manfaat berupa proteksi dan pertanggungan biaya medis. Bedanya, pada asuransi melahirkan proteksi dan pertanggungan biaya fokus pada tindakan medis terkait kehamilan, seperti pemeriksaan kehamilan, biaya persalinan, hingga tanggungan tarif medis saat keguguran.

Selain biaya saat melahirkan, asuransi ini juga menanggung biaya perawatan sebelum melahirkan dan pasca melahirkan. Asuransi melahirkan akan meringankan biaya sebelum dan pasca persalinan serta mendapatkan fasilitas persalinan yang lebih baik.

Berikut ini adalah tips untuk memilih asuransi melahirkan agar mendapatkan manfaat yang maksimal.

1. Sesuaikan produk asuransi dengan kebutuhan

Salah satu risiko yang ada pada produk asuransi adalah klaim ditolak apabila terdapat klausul pengecualian dalam polis asuransi. Untuk itu hal utama yang penting dipertimbangkan saat memilih produk asuransi adalah memilih produk sesuai kebutuhan dan kemampuan keuangan.

Misalnya, ketika pasangan memiliki rencana perjalanan ke luar negari, perlu mencari polis asuransi melahirkan yang memberikan perlindungan dengan jangkauan internasional. Hal ini agara biaya persalinan di luar negeri juga dapat ditanggung asuransi.

Baca juga: Melihat Perang Tarif Asuransi dari Kacamata Mahadata

2. Pilih asuransi yang memberikan pertanggungan biaya rawat jalan sebelum dan setelah persalinan

Selain persalinan, yang tidak kalah penting adalah biaya perawatan dan konsultasi sebelum atau sesudah persalinan. Untuk itu lebih baik memilih produk asuransi melahirkan yang bisa menanggung biaya rawat jalan hingga konsultasi sebelum maupun setelah persalinan.

3. Pastikan polis asuransi sesuai dengan biaya persalinan

Pasangan perlu mengecek apakah biaya premi yang ditawarkan sebanding dengan biaya persalinan dan kondisi keuangan. Sebelum membeli asuransi melahirkan penting juga untuk mengecek biaya persalinan yang diinginkan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com