Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pegadaian Gandeng Bank Danamon Salurkan Pembiayaan Sosial Berkelanjutan Senilai Rp 500 Miliar

Kompas.com - 18/01/2023, 20:50 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pegadaian berkolaborasi dengan PT Bank Danamon Indonesia Tbk menyalurkan pembiayaan sosial berkelanjutan (sustainable social loan) sebesar Rp 500 milliar yang akan digelontorkan secara bertahap dengan total Rp 1 triliun.

Transaksi ini merupakan pinjaman sosial berkelanjutan pertama untuk lembaga keuangan non-bank di Indonesia.

Program pembiayaan ini dirancang untuk memperluas akses pemberian pinjaman pendidikan, pengembangan UMKM dan pinjaman individu untuk memulai usaha serta merupakan salah satu program untuk mewujudkan implementasi Keuangan Berkelanjutan di Pegadaian.

Baca juga: Syarat Pengajuan Kredit Motor Listrik di Pegadaian Syariah

Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko Pegadaian Ferdian Timur Satyagraha mengatakan, program tersebut disalurkan oleh Pegadaian melalui produk Gadai Peduli yang diberikan kepada masyarakat yang belum familiar dengan layanan perbankan atau unbankable.

"Kami memberikan penyediaan instrumen keuangan dan layanan pendukung yang sesuai bagi usaha mikro, kecil dan menengah melalui produk gadai. Selain itu kami juga terus memperluas akses layanan keuangan yang setara layanan perbankan khususnya kepada masyarakat yang belum familiar dengan layanan perbankan," ujarnya dalam keterangan tertulis, Rabu (18/1/2023).

Dia menambahkan, program ini bertujuan untuk meningkatkan pemberdayaan sosial ekonomi dan kesejahteraan sosial. Sebab program ini membantu masyarakat mempunyai akses pendidikan yang terjangkau dan berkualitas.

Selain itu juga mempromosikan kebijakan orientasi pembangunan yang mendorong formalisasi dan pertumbuhan UMKM melalui perluasan akses layanan jasa keuangan.

Baca juga: Pegadaian Luncurkan Aplikasi SAPA untuk Tangani Keluhan Pelanggan

Adapun hasil dari pinjaman sosial berkelanjutan akan digunakan untuk penyediaan layanan keuangan penting untuk mempromosikan inklusi keuangan dalam komunitas yang kurang terlayani dan tidak memiliki layanan perbankan.

Direktur Syariah and Sustainable Finance Bank Danamon Herry Hykmanto menambahkan, kolaborasi dengan anak usaha PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI ini untuk mewujudkan tujuan menjadi agen inklusi keuangan pilihan rakyat.

"Program Gadai Peduli PT Pegadaian ini menjadi contoh bagi para pelaku industri dalam komitmennya untuk mendukung pertumbuhan ekonomi dan pembangunan yang berkelanjutan," tambah Herry.

Sementara itu, Direktur Enterprise Banking and Financial Institution Bank Danamon Thomas Sudarma mengungkapkan, kerja sama ini menunjukkan kapabilitas Danamon dalam bidang pembiayaan kepada institusi keuangan melalui pinjaman sindikasi, structure financing, agency, sell-down, dan risk participation yang didukung oleh solusi pengelolaan kas yang komprehensif yang ditunjang dengan penggunaan e-channel dan solusi digital yang disesuaikan dengan kebutuhan nasabah.

"Fokus kami adalah untuk memperkuat seluruh ekosistem financial supply chain, dan kami berharap melalui kerja sama ini, kami dapat menyentuh masyarakat dan pelaku usaha mikro, kecil dan menengah yang sebelumnya tidak terjangkau oleh layanan keuangan," tutur Thomas.

Baca juga: 4 Strategi SKK Migas Kejar Target Produksi Migas hingga 2030

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com