Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada Isu Keamanan Siber, Universitas di AS Blokir TikTok

Kompas.com - 19/01/2023, 20:15 WIB
Agustinus Rangga Respati,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

Sumber CNN

JAKARTA, KOMPAS.com - University of Texas di Austin Amerika Serikat (AS) memblokir TikTok dari jaringan teknologi informasinya. Hal ini berdasarkan perintah Gubernur Greg Abbott pada Rabu (18/1/2023).

Dilansir dari CNN, langkah tersebut membuat pengguna TikTok tidak dapat mengakses aplikasi, bahkan pada perangkat pribadi sekalipun. Tiktok tidak dapat diakses ketika pengguna terhubung melalui jaringan kabel atau nirkabel sekolah.

“Universitas mengambil langkah-langkah penting ini untuk menghilangkan risiko terhadap informasi yang terkandung dalam jaringan universitas dan infrastruktur penting kami,” tulis ketentuan arahan Gubernur tersebut, dikutip Kamis (19/1/2023).

Baca juga: Jadi TikTok Local Heroes 2022, Ini Cerita Menarik di Balik Pandawara Group

Hal tersebut menyusul kekhawatiran bocornya data pengguna TikTok di Amerika Serikat ke tangan Pemerintah China.

Universitas sudah mulai menghapus TikTok dari ponsel resmi, tablet, dan perangkat lain sebagai bagian dari kepatuhan terhadap arahan.

Sebelumnya, Universitas Oklahoma dan Universitas Auburn di Alabama telah mengambil langkah untuk melarang TikTok sebagai tanggapan atas perintah gubernur di negara bagiannya.

Secara keseluruhan, lebih dari separuh negara bagian telah melarang TikTok dari perangkat pemerintah.

Baca juga: Cara TikTok Cegah Seller Nakal


Adapun larangan itu muncul karena semakin banyak anggota parlemen terus menyelidiki TikTok atas kemungkinan masalah keamanan nasional karena hubungannya dengan China melalui perusahaan induknya, ByteDance.

Sebelumnya, TikTok mengaku kecewa karena banyak negara bagian di AS yang memberlakukan kebijakan tersebut.

“Kami sangat menyesal melihat konsekuensi yang tidak diinginkan dari kebijakan tergesa-gesa ini mulai memengaruhi kemampuan universitas untuk berbagi informasi, merekrut mahasiswa, dan membangun komunitas seputar tim atletik, kelompok mahasiswa, publikasi kampus, dan banyak lagi,” kata TikTok.

Baca juga: 8 Cara Mendapatkan Uang dari TikTok

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber CNN


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com