Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Presiden Jokowi Resmikan Bendungan Kuwil PT Indra Karya

Kompas.com - 19/01/2023, 21:15 WIB
Kiki Safitri,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

MANADO, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Bendungan Kuwil Kawangkoan yang berada di Kabupaten Minahasa Utara, Provinsi Sulawesi Utara pada Kamis (19/1/2022).

Bendungan dengan kapasitas tampung 26 juta m3 dan luas genangan 157 ha diresmikan setelah dilaksanakannya pengisian awal (impounding) pada 25 November 2022 lalu dan telah dinyatakan layak.

Peresmian ditandai dengan menekan tombol sirine oleh jajaran pejabat yang hadir, yaitu Presiden RI Joko Widodo, dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuldjono.

Baca juga: Progres Pembangunan 82,5 Persen, PUPR Targetkan Bendungan Sepaku di IKN Selesai Juni 2023

Turut hadir, Direktur Jendral SDA Kementerian PUPR Jarot Widyoko, Direktur Bendungan dan Danau Ditjen SDA Kementerian PUPR Airlangga Mardjono, Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey, Bupati Minahasa Utara Joune J.E Ganda. Walikota Manado Andrei Angouw dan Kepala Balai Wilayah Sungai Sulawesi I I Komang Sudana.

Airlangga Mardjono yang juga Komisaris Utama PT Indra Karya (Persero) dalam sambutannya menjelaskan bahwa bendungan Kuwil Kawangkoan merupakan salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN) yang dibangun sejak Agustus 2016 dan diresmikan pada awal 2023.

“Saya berharap dengan adanya pembangunan PSN terkait bendungan, kita semua mampu untuk menjaga sumber air sehingga sumber daya air bisa dimanfaatkan oleh masyarakat dan berkelanjutan,” ucap Airlangga dalam siaran pers.

Baca juga: Bendungan Beringin Sila Diharapkan Penuhi Kebutuhan Irigasi dan Air Baku di Sumbawa

Direktur Utama PT Indra Karya (Persero) Gok Ari Joso Simamora mengatakan, perjalanan PSN ini tidak terlepas dari konsistensi dan peran serta kapasitas masing-masing pihak melalui kolaborasi BUMN antara kontraktor dan konsultan BUMN.

Sesuai laporan beberapa pihak yang ikut serta dalam proyek ini yakni PT Wijaya Karya (Persero) - PT Nindya Karya - KSO selaku Kontraktor dan PT Indra Karya (Persero) - PT Maxitech Utama - PT Mutiara Gading Perkasa - KSO sebagai Konsultan Supervisi yang bertugas menjaga kualitas dari pelaksanaan pekerjaan melalui pengawasan di lapangan.

“Kami sebagai Konsultan Supervisi melaksanakan peran pengawasan di lapangan pada proyek Bendungan Kuwil Kawangkoan ini. Sebelum dilaksanakan kegiatan peresmian, PT Indra Karya (Persero) melalui Divisi Engineering II telah melakukan persiapan teknis intensif yang meliputi evaluasi pelaksanaan konstruksi, laporan penyiapan daerah genangan, sertifikasi pengisian awal waduk dan penyiapan laporan pedoman OP,” ujarnya.

Baca juga: Apa Bedanya Bendungan, Bendung, Dam, Embung, dan Waduk?

Gok Ari menjelaskan, pelaksanaan pekerjaan ini tidak pernah dihentikan selama pandemi Covid-19 dengan tetap mengedepankan protokol penanganan Covid-19 yang sangat ketat.

“Kami akan terus menjalani komitmen untuk berkontribusi dalam kegiatan percepatan pembangunan Proyek Strategis Nasional (PSN) lainnya sesuai dengan nawacita Pemerintah khususnya di sektor Sumber Daya Air (SDA),” ungkap Gok Ari.

Rangkaian acara peresmian bendungan ini juga dihadiri oleh Direktur PT Indra Karya (Persero), Eko Budiono, VP Corporate Secretary PT Indra Karya (Persero), Okky Suryono, VP Operation and Business Development PT Indra Karya (Persero), Gagah Guntur Aribowo, General Manager PT Indra Karya (Persero) Divisi Engineering II, Ferdinandus Baskoro serta Team Leader dan Tenaga Ahli PT Indra Karya (Persero) yang turut bertugas pada pembangunan Bendungan Kuwil Kawangkoan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com