Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penyaluran Kredit Perbankan Tumbuh 11,35 Persen pada Desember 2022

Kompas.com - 20/01/2023, 13:00 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Bank Indonesia (BI) mencatat penyaluran kredit pada Desember 2022 tumbuh 11,35 persen secara tahunan (year on year/yoy). Capaian ini lebih tinggi dibandingkan dengan Desember 2021 sebesar 5,24 persen.

Gubernur BI Perry Warjiyo mengatakan, peningkatan penyaluran kredit terjadi merata pada seluruh jenis kredit, utamanya kredit investasi dan kredit modal kerja.

Pertumbuhan kredit juga terus berlanjut di segmen UMKM, khususnya penyaluran kredit usaha rakyat (KUR) yang tumbuh 29,66 persen yoy.

Baca juga: Alasan OJK Perpanjang Restrukturisasi Kredit, Cegah Bank Syok

"Pertumbuhan kredit perbankan pada Desember 2022 tumbuh 11,35 persen yoy," ujarnya saat konferensi pers, Kamis (20/1/2022).

Pertumbuhan kredit juga terjadi pada perbankan syariah, di mana pembiayaan pada Desember 2022 tumbuh sebesar 20,1 persen yoy. Capaian ini lebih tinggi dibandingkan dengan capaian tahun sebelumnya sebesar 6,6 persen yoy.

Menurutnya, kinerja perbaikan intermediasi perbankan itu didukung dari sisi penawaran kredit dan sejalan dengan likuiditas perbankan yang memadai dan standar penyaluran kredit atau pembiayaan yang longgar.

Baca juga: BI Yakin Nilai Tukar Rupiah Akan Menguat pada 2023

Pasalnya, pada periode ini permintaan kredit juga meningkat sejalan kinerja korporasi dan konsumsi rumah tangga yang membaik yang mendorong kenaikan permintaan pembiayaan.

Melihat intermediasi perbankan yang meningkat pada 2022 itu, BI optimistis kinerja yang positif akan berlanjut di tahun ini. BI memperkirakan pertumbuhan penyaluran kredit pada 2023 akan berada pada kisaran 10-12 persen.

Untuk itu ke depannya, BI akan melanjutkan kebijakan makroprudensial yang akomodatif, inklusif dan berkelanjutan, untuk mendorong pertumbuhan kredit perbankan kepa?da sektor-sektor prioritas yang belum pulih, KUR, dan kredit hijau, dalam rangka mendukung pemulihan perekonomian.

Baca juga: BI Diprediksi Naikkan Suku Bunga Acuan, Ekonom: Berdampak ke Penyaluran Kredit

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com