Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menhub: Lokasi Dermaga Wisata IKN di Punggur, Bandara VVIP Masih Dikaji

Kompas.com - 21/01/2023, 16:17 WIB
Ade Miranti Karunia,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi meninjau lokasi bakal dibangunnya dermaga wisata dan bandara VVIP yang berada di wilayah Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, di Kalimantan Timur, Jumat (20/1/2023).

Kunjungan kerjanya ini merupakan bagian dari langkah Kementerian Perhubungan menyiapkan perencanaan pembangunan dan pengembangan sarana dan prasarana transportasi di IKN yang menjadi salah satu program prioritas pada tahun ini.

“Hari ini kami bersama-sama meninjau titik dari pelabuhan atau dermaga seperti di dermaga wisata Marina di Labuan Bajo. Ada tiga alternatif lokasi, tetapi kami sudah memutuskan satu lokasinya yaitu di daerah Punggur yang berada sekitar 9 km dari IKN,” ujarnya dikutip dari siaran pers Kemenhub, Sabtu (21/1/2023).

Baca juga: Kekurangan Anggaran, Menhub Diminta Evaluasi Rencana Pembangunan Bandara di 21 Daerah Terpencil

Dengan jarak dan waktu tempuh yang tidak terlalu jauh antara Punggur dan Balikpapan, akan memudahkan aksesibilitas kedua daerah. Apalagi dengan adanya dermaga tersebut akan dipercantik dengan berbagai fasilitas untuk wisatawan.

“Ditambah lagi, di lokasi tersebut juga memiliki pemandangan laut yang indah. Dermaga ini nantinya akan dilengkapi dengan fasilitas kapal wisata, dan area untuk kuliner dan fasilitas lainnya yang menarik bagi wisatawan,” kata Budi.

Menhub Budi juga meninjau lokasi bakal bandara VVIP yang akan digunakan untuk melayani tamu-tamu kenegaraan di IKN.

“Kami melakukan overview dengan helikopter melihat beberapa titik yang menjadi alternatif lokasi bandara VVIP yang juga akan menjadi pangkalan udara TNI AU,” ujarnya.

Dia bilang, saat ini, tengah melakukan koordinasi dengan TNI AU, Kementerian PUPR, dan pihak terkait lainnya untuk menetapkan satu lokasi dari beberapa alternatif lokasi yang diajukan.

"Untuk dermaga wisata telah kami tentukan titiknya, selanjutnya untuk bandara masih kami kumpulkan data-datanya semoga dalam waktu dekat ini sudah bisa kita tentukan lokasinya,” pungkas Budi.

Baca juga: Bertemu Tony Blair, Bahlil Bahas Investasi di IKN

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com