Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

2024 Pindah Ke IKN, Kantor Luhut, Airlangga Hartarto, dan Mahfud MD Telah Dibangun

Kompas.com - 23/01/2023, 14:30 WIB
Ade Miranti Karunia,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas, Suharso Monoarfa pada Sabtu (21/1/2023), meninjau langsung pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, di Kalimantan Timur.

Terdapat sejumlah titik yang dia tinjau tahapan pembangunannya terutama di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP). Suharso bilang, terdapat 8 titik pembangunan di KIPP yang sedang difokuskan untuk dibangun.

"Titik pembangunan tersebut meliputi hunian pekerja konstruksi, gedung kementerian koordinator 1, gedung kementerian koordinator 2, gedung kementerian koordinator 3, gedung kementerian Koordinator 4, Istana Negara dan lapangan upacara, penataan sumbu kebangsaan tahap 1 dan rumah tapak jabatan," katanya dari keterangan Instagram @suharsomonoarfa, dikutip Senin (23/1/2023).

Baca juga: Menhub: Lokasi Dermaga Wisata IKN di Punggur, Bandara VVIP Masih Dikaji

Kembali dia menjelaskan, pembangunan Istana Negara dan lapangan upacara telah dimulai November 2022 dan ditargetkan selesai pada Oktober 2024, dengan kontraktor PT Wijaya Karya (Wika).

Pembangunan gedung dan kawasan kantor kementerian koordinator 1, kata Suharso, telah dimulai pembangunannya sejak Desember 2022 dan ditargetkan selesai pada Oktober 2024. Gedung Kemenko 1 ini akan ditempati oleh Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves).

"Proyek ini telah dijalankan oleh PT Wijaya Karya Bangunan Gedung. Lingkup pekerjaan berupa bangunan gedung kantor Kementerian Koordinator Bidang Maritim dan Investasi, infrastruktur dan penataan kawasan," jelas dia.

Baca juga: Menteri PUPR: 40 Konstruksi Pembangunan Infrastruktur IKN Bernilai Rp 25,98 Triliun

Berikutnya, pembangunan gedung dan kawasan kantor kementerian koordinator 2 akan dimulai pada Januari tahun ini, dan ditargetkan selesai pada bulan yang sama, yakni Oktober 2024. Kantor Kemenko 2 akan ditempati oleh Kemenko Bidang Perekonomian.

"Proyek ini nantinya akan dijalankan oleh PT Ciriajasa Engineering Consultants. Lingkup pekerjaan berupa bangunan gedung kantor Kementerian Koordinator Perekonomian, infrastruktur dan penataan kawasan," ucap Suharso.

Baca juga: Pembangunan IKN 2023, Sri Mulyani Siapkan Rp 23,9 Triliun di APBN


Pembangunan gedung dan kawasan kantor kementerian koordinator 3 telah dimulai pada Desember tahun lalu. Berbeda dengan dua kantor Kemenko sebelumnya, Kemenko 3 akan rampung pada Desember 2024.

"Proyek ini telah dijalankan oleh PT Virama Karya. Lingkup pekerjaan berupa bangunan gedung kantor Kementerian Koordinator Politik, Hukum dan HAM, infrastruktur dan penataan kawasan," kata Suharso.

Lebih lanjut kata Suharso, proyek yang sedang berjalan di KIPP saat ini adalah pengembangan lahan yang dilakukan dengan dua tahapan. Berupa pembersihan, pengupasan dan penebangan pohon, land grading, elevasi, penguatan struktur tanah, penyiapan badan jalan, pemasangan patok dan papan informasi kavling.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com