Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Libur Imlek, 138.896 Kendaraan Tinggalkan Jabotabek

Kompas.com - 23/01/2023, 14:59 WIB
Haryanti Puspa Sari,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Jasa Marga (Persero) Tbk mencatat 138.896 kendaraan meninggalkan wilayah Jakarta, Bogor, Tangerang, dan Bekasi (Jabotabek) pada Hari Imlek, Minggu (22/1/2023).

Dari jumlah tersebut, kendaraan yang meninggalkan wilayah Jabotabek terpantau dari empat gerbang tol (GT) Barrier atau Utama, yaitu GT Cikupa (arah Merak), GT Ciawi (arah Puncak), GT Cikampek Utama (arah Trans Jawa), dan GT Kalihurip Utama (arah Bandung).

"Total volume lalu lintas (lalin) yang meninggalkan wilayah Jabotabek ini naik 19,76 persen jika dibandingkan lalin normal," kata Corporate Communication & Community Development Group Head PT Jasa Marga Lisye Octaviana dalam keterangan tertulis, Senin (23/1/2023).

Baca juga: China Sambut Tahun Baru Imlek, Harga Minyak Dunia Naik dalam Sepekan

Lisye mengatakan, untuk distribusi lalu lintas meninggalkan Jabotabek menuju ketiga arah yaitu mayoritas sebanyak 60.704 kendaraan (44,23 persen) menuju arah Timur (Trans Jawa dan Bandung), 40.651 kendaraan (29,62 persen) menuju menuju arah Barat (Merak), dan 35.902 kendaraan (26,16 persen) menuju arah Selatan (Puncak).

Adapun rincian distribusi lalin sebagai berikut:

Arah Timur (Trans Jawa & Bandung)

- Kendaraan yang meninggalkan Jabotabek menuju arah Trans Jawa melalui GT Cikampek Utama Jalan Tol Jakarta-Cikampek, dengan jumlah 26.751 kendaraan, lebih rendah sebesar 1,35 persen dari lalin normal.

Baca juga: H-2 Imlek, 165.461 Kendaraan Tinggalkan Jabodetabek


- Kendaraan yang meninggalkan Jabotabek menuju arah Bandung melalui GT Kalihurip Utama Jalan Tol Cipularang dengan jumlah 33.953 kendaraan, meningkat sebesar 18,27 persen dari lalin normal.

Adapun total lalin meninggalkan Jabotabek menuju arah Trans Jawa dan Bandung melalui kedua GT tersebut adalah sebanyak 60.704 kendaraan, meningkat sebesar 8,74 persen dari lalin normal.

Arah Barat (Merak)

Kendaraan yang meninggalkan Jabotabek menuju arah Merak melalui GT Cikupa Jalan Tol Tangerang-Merak adalah sebesar 40.651 kendaraan, meningkat 31,34 persen dari lalin normal.

Baca juga: Promo Tiket Kereta Imlek Mulai Rp 100.000, Simak Daftar KA dan Rutenya

Arah Selatan (Puncak)

Sementara itu, jumlah kendaraan yang meninggalkan Jabotabek menuju arah Puncak melalui GT Ciawi Jalan Tol Jagorawi sebanyak 35.902 kendaraan, meningkat sebesar 28,98 persen dari lalin normal.

Lebih lanjut, Lisye mengimbau para pengguna jalan untuk mengantisipasi perjalanan sebelum memasuki jalan tol seperti memastikan kendaraan maupun pengendara dalam keadaan prima, mematuhi protokol kesehatan (menggunakan masker, cuci tangan dan menjaga jarak) saat berada di rest area.

Kemudian memastikan kecukupan BBM dan saldo uang elektronik serta mematuhi rambu-rambu dan arahan petugas.

"Informasi lalu lintas terkini dan permintaan pelayanan lalu lintas jalan tol dapat diakses melalui One Call Center 24 Jam Jasa Marga di nomor 14080, Twitter @PTJASAMARGA serta aplikasi Travoy untuk pengguna iOS dan Android," ucap dia.

Baca juga: Promo Tiket Kereta Imlek Mulai Rp 100.000, Simak Daftar KA dan Rutenya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com