Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sektor yang Berpotensi Cuan pada Tahun Kelinci Air

Kompas.com - 23/01/2023, 20:40 WIB
Rully R. Ramli,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Memasuki Tahun Kelinci Air, pasar saham diproyeksi bergerak lebih tenang. Ini selaras dengan kepercayaan fengsui yang menyebutkan, Tahun Kelinci Air merupakan simbol dari elemen air di atas kayu serta energi yin yang lebih lembut menciptakan suatu ketenangan.

Laporan Water Rabbit: 2023 Feng Shui Guide to Prosperity yang dibuat oleh Maybank Investment Banking Group, Tahun Kelinci Air memaparkan sejumlah sektor yang berpotensi meraup cuan pada tahun baru Imlek ini. Sektor ini diklasifikasikan berdasarkan industri logam, tanah, api, air, dan kayu.

Berdasarkan kepercayaan fengsui, sektor yang masuk ke dalam kategori logam mendapatkan keuntungan paling banyak, seiring dengan konsistensi energi yang diterima. Sektor-sektor yang termasuk dalam kategori ini ialah, perbankan, pertambangan, otomotif, teknik kedirgantaraan, hingga kosmetik.

Baca juga: Menilik Prospek Pasar Saham di Tahun Kelinci Air

Laporan yang dibuat bersama dengan Master Fengsui Ken Koh itu menyebutkan, sektor perbankan, sistem pembayaran, dan teknik kerdigantaraaan menjadi juara dari elemen logam. Adapun periode tiga bulan pertama, Oktober, dan Desember disebut menjadi periode dengan kesempatan paling besar bagi elemen logam.

Kemudian, elemen tanah yang meliputi sektor real estate, properti, fasilitas penyimpanan dana akan mendapatkan kesempatan untuk tumbuh, meskipun tidak pesat. Ini selaras dengan kehadiran elemen air dalam Tahun Kelinci Air.

Pada tahun ini, sektor real estate diproyeksi masih mengalami tekanan, imbas dari lonjakan inflasi yang diikuti kebijakan pengetatan moneter agresif. Sektor ini baru akan berpotensi tumbuh dalam jangka panjang.

Selanjutnya, untuk elemen api yang merefleksikan optimisme diproyeksi bersinar pada periode Mei dan Agustus, kemudian melanjutkan pertumbuhan hingga sisa tahun 2023. Elemen ini meliputi perusahaan sektor kesehatan, kimia, farmasi, startup, hingga hiburan.

Baca juga: 10 Saham Paling Cuan dan Boncos pada Pekan Ketiga Januari 2023

Sektor teknologi, telekomunikasi, dan pariwisata diproyeksi bergerak dengan baik pada paruh kedua tahun ini. Sektor-sektor ini dapat dicermati ketika harganya wajar.

Lalu, untuk elemen air menunjukan sinyal yang lemah pada Tahun Kelinci Air. Pasalnya, elemen ini berada dalam tekanan elemen kayu dan berlawanan dengan elemen api pada tahun kalender China.

Adapun sektor usaha yang masuk ke dalam elemen ini antara lain, travel, bisnis pelayaran, olahraga air, hingga minuman. Selain itu, berbagai aktivitas yang berkaitan dengan air, seperti fasilitas air hingga logistik.

Pada tahun 2023, sektor bisnis tersebut mungkin tidak akan terlihat tumbuh pesat, namun mereka tetap bertahan. Perusahaan dari sektor elemen air berpotensi bergerak fluktuatif, sehingga menarik untuk dipantau pergerakannya.

Terakhir, elemen kayu. Elemen ini berpotensi memberikan pengalaman yang tidak menentu.

Tahun 2023 mungkin menjadi tahun yang sentimentil bagi elemen kayu. Pertumbuhan dari perusahaan elemen kayu pada Tahun Kelinci akan lambat dan bertahap.

Sektor-sektor jawara pada elemen ini ialah, pelayanan masyarakat, daur ulang, dan sosial media.

Baca juga: Bank DKI Dikabarkan Akan IPO, Target Galang Dana hingga Rp 3 Triliun

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com