Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indonesia Bakal Ekspor Bahan Pangan hingga Arang ke Arab Saudi, Nilainya Rp 2,3 Triliun

Kompas.com - 24/01/2023, 08:11 WIB
Ade Miranti Karunia,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JEDDAH, KOMPAS.com - Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan menyaksikan secara langsung penandatanganan 8 kerja sama antara pelaku usaha Indonesia dengan 5 pelaku usaha Arab Saudi dengan nilai kontrak 155,7 juta dollar AS atau sekitar Rp 2,3 triliun, di Jeddah, Senin (23/1/2023).

Penandatanganan tersebut berisikan kerja sama ekspor produk makanan dan barang-barang UMKM ke Arab Saudi. Kemudian dari penandatanganan 8 kerja sama tersebut terdapat 2 MoU yang dikhususkan untuk pemenuhan kebutuhan jamaah haji dan umrah.

"MoU khusus untuk pemenuhan kebutuhan jamaah haji ditujukan untuk komoditas ikan dan olahannya dalam berbagai kemasan, serta daging dan sayuran dalam berbagai jenis kemasan," kata Zulhas dalam keterangan tertulis.

Baca juga: Kala Zulhas Disopiri Mendag Arab Saudi

Pelaku usaha Indonesia kata Zulhas, bisa mengekspor sejumlah komoditas ke Arab Saudi berupa bahan pangan, RBD palm olein, minyak goreng, produk ikan dan olahannya, daging, sayuran, dan olahannya, buah-buahan, kakao, beras, rempah-rempah, mi telur, dan arang.

Nantinya, lanjut dia, perwakilan perdagangan Indonesia di Arab Saudi akan selalu siap membantu para pelaku usaha dalam meningkatkan ekspornya. Dirinya juga berharap kerja sama tersebut akan terus berlanjut dengan transaksi dagang yang semakin besar dan dengan komoditas yang semakin banyak jenisnya.

Dalam momen MoU tersebut, Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Didi Sumedi menuturkan, Kemendag akan terus berupaya meningkatkan ekspor dan total nilai perdagangan khususnya ke negara mitra dagang strategis dan non-tradisional.

"Peluang ekspor Indonesia ke Arab Saudi masih sangat terbuka lebar. Untuk itu, kami mengajak para pelaku usaha untuk memanfaatkan peluang tersebut dengan optimal sehingga ekspor Indonesia ke Arab Saudi semakin meningkat," kata Didi.

Pada Januari-November 2022, total perdagangan Indonesia-Arab Saudi mencapai 7 miliar dollar AS atau meningkat 45,42 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya sebesar 4,8 miliar dollar AS. Sementara itu, total perdagangan kedua negara pada 2021, mencapai 5,5 miliar dollar AS.

Baca juga: Mendag Genjot Peningkatan Kerja Sama Perdagangan RI dengan Arab Saudi

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com