Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

UMK adalah Singkatan dari Apa? Simak Penjelasannya

Kompas.com - 24/01/2023, 08:43 WIB
Muhammad Idris

Penulis

KOMPAS.com - Istilah UMK tentu sudah tidak asing di telinga. UMK adalah singkatan dari upah minimum kabupaten/kota.

Istilah UMK sendiri muncul di tahun 2000 atau pasca-reformasi atau setelah terbitnya Keputusan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Nomor 226 Tahun 2000.

Sebelum dikenal UMK, orang kerap menyebutnya dengan UMR atau upah minimum regional. Hingga saat ini, masih banyak orang yang menyebut upah minimum dengan sebutan UMR.

Secara umum, upah minimum atau UMK adalah standar yang ditetapkan pemerintah agar pengusaha membayar upah pekerja dengan layak. Yang mana upah minimum kenaikannya ditetapkan setahun sekali.

Baca juga: UMR Malang Raya 2023: Kota Malang, Kota Batu, dan Kabupaten Malang

Selain upah minimum kabupaten/kota (UMK), dikenal pula istilah Upah Minimum Provinsi (UMP). Jika UMK merupakan ketetapan upah minimum di tingkat kabupaten kota, maka UMP berlaku untuk provinsi.

UMP yang ditetapkan oleh gubernur, lazimnya akan jadi patokan bagi para bupati atau wali kota untuk memutuskan UMK di daerahnya.

Jika UMR adalah Upah Minimum Regional, sementara UMK adalah singkatan dari upah minimum kota atau kabupaten.Freepik/bannafarsai Jika UMR adalah Upah Minimum Regional, sementara UMK adalah singkatan dari upah minimum kota atau kabupaten.

Itu sebabnya, pengumuman ditetapkannya UMP akan dirilis lebih dulu oleh gubernur. Baru kemudian para bupati dan wali kota akan mengusulkan UMK ke gubernur.

Apabila wali kota dan bupati belum menetapkan UMK hingga sampai batas waktu yang ditetapkan gubernur, maka kabupaten/kota akan menggunakan UMP sebagai upah minimum.

Baca juga: Daftar Gaji UMR Kota Bandung 2023 dan Seluruh Jabar

Setelah semua bupati dan wali kota mengusulkan upah minimumnya masing-masing, gubernur baru akan mengesahkan usulan dan mengumumkannya secara resmi ke publik.

Aturan UMK sendiri diatur dalam Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja. Regulasi ini kemudian dibatalkan MK karena dianggap cacat formil atau inkonstitusional bersyarat oleh Mahkamah Konstitusi.

Presiden Joko Widodo kemudian menerbitkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang (Perppu) Nomor 2 Tahun 2022 tentang Cipta Kerja sebagai pengganti UU Cipta Kerja.

Hampir serupa dengan UMR, UMK adalah singkatan dari upah minimum kabupaten kota.KOMPAS.com/Muchammad Dafi Yusuf Hampir serupa dengan UMR, UMK adalah singkatan dari upah minimum kabupaten kota.

Kesimpulannya, UMK adalah singkatan dari upah minimum kabupaten kota, sementara UMP adalah kependekan dari upah minimum provinsi. Jadi sudah tahu kan UMK singkatan dari apa?

Baca juga: Gaji UMR Cirebon 2023: Kabupaten dan Kota Cirebon

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com