Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kementerian ESDM: Konsumsi Listrik Nasional Tumbuh 6,15 Persen pada 2022

Kompas.com - 24/01/2023, 14:40 WIB
Kiki Safitri,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Plt Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Dadan Kusdiana mengatakan, pertumbuhan konsumsi listrik secara nasional pada tahun 2022 mengalami pertumbuhan 6,15 persen.

Adapun pertumbuhan konsumsi listrik tersebut berdasarkan catatan PT PLN (Persero), menunjukkan bahwa ekonomi Indonesia mengalami pertumbuhan.

"Pertumbuhan (konsumsi) listrik sudah baik, ini bukti ekonomi kita tumbuh dengan baik," kata Dadan dalam paparannya di acara Sosialisasi Permen ESDM No 16 Tahun 2022 secara virtual, Selasa (24/1/2023).

Baca juga: Ketahui, Ini Tarif Listrik Per kWh yang Berlaku Januari-Maret 2023

Ekonomi Indonesia pada kuartal III tahun 2022 mengalami pertumbuhan sebesar 5,72 persen YoY, jika dibandingkan dengan kuartal III tahun 2023.

Dadan mengatakan, dengan pertumbuhan konsumsi listrik tersebut, menunjukkan bahwa Indonesia mampu melewati masa-masa yang menantang.

Adapun dua hal yang menantang dalam penyediaan energi di Indonesia mencakup, penyediaan listrik yang andal, serta tarif listrik yang terjangkau bagi masyarakat.

Baca juga: Naik Lima Kali Lipat, PLN Salurkan 1,7 Juta MWh Listrik Hijau Sepanjang 2022

"Indonesia mampu melewati masa yang menantang dari dua sisi, seperti memastikan penyediaan listrik tetap andal, dan harga listrik yang tetap terjangkau," lanjut dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com