Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bank BJB: Tuntutan Nasabah, Semua Bank Kini Wajib Punya Produk Berbasis TI

Kompas.com - 25/01/2023, 05:05 WIB
Aprillia Ika

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Digitalisasi telah menjadi kebutuhan dimana seluruh aktivitas manusia difasilitasi secara online. Digitalisasi pun menyentuh bisnis perbankan.

Direktur Utama PT Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Tbk (Bank BJB) Yuddy Renaldi mengatakan, semua bank kini wajib memiliki produk berbasis teknologi informasi (TI) karena tuntutan nasabah sudah kesana.

Menurut dia, Bank BJB pun tengah meningkatkan sumber-sumber pendapatan non-bunga, seperti pendapatan berbasis komisi atau fee based income dengan pengembangan produk layanan berbasis teknologi informasi (TI).

"Kuncinya adalah kuatnya ekosistem yang dimiliki agar produk berbasis teknologinya dapat dimanfaatkan dan menghasilkan fee based income," kata Yuddy melalui keterangan pers, Selasa (24/1/2023).

Baca juga: Rating Nasional Jangka Panjang Bank BJB Naik Jadi AA-(Idn) dengan Outlook Stabil

Yuddy melanjutkan, penggunaan akses digital atau daring meningkat cukup masif. Misal, platform keuangan muncul untuk memudahkan masyarakat melakukan transaksi untuk membayar tagihan, transfer, melakukan transaksi jual beli, dan lainnya.

Hal ini terutama dilakukan generasi muda atau milenial, yang saat ini perilakunya mulai berubah menuju cashless.

"Kami mendorong kemudahan masyarakat untuk bertransaksi secara daring melalui pengembangan teknologi pembayaran melalui DIGI by Bank BJB. Aplikasi ini telah menjadi platform segala bisa dan segala ada untuk mendukung semua aktivitas keuangan seperti untuk transaksi mobile banking, pembayaran, pengajuan kredit, dan lainnya," kata Yuddy.

Selain itu, juga ada DigiCash merupakan aplikasi uang elektronik untuk memudahkan pembayaran berbagai transaksi menggunakan QRIS, pembelian pulsa, dan sebagainya. 

Baca juga: Triwulan II 2022 Bank Bjb Catatkan Laba Rp 1,49 Triliun

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com