Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kasus Covid-19 Turun, Airlangga: Ekonomi Indonesia Tumbuh 5 Persen Sepanjang 2022

Kompas.com - 26/01/2023, 11:18 WIB
Haryanti Puspa Sari,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian sekaligus Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) Airlangga Hartarto mengatakan, pemulihan ekonomi terus berlanjut seiring dengan laju kasus Covid-19 melambat sepanjang 2022.

Airlangga mengatakan, pertumbuhan ekonomi Indonesia sepanjang 2022 berada di angka 5 persen.

"Ekonomi indonesia tumbuh meyakinkan di atas 5 persen sepanjang tahun 2022 dan diperkirakan year on year bisa dicapai di angka 5,3 persen," kata Airlangga saat menyampaikan laporan Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi dalam Rakornas Transisi Penanganan Covid-19 di Gedung AA Maramis, Jakarta, Kamis (26/1/2023).

Baca juga: Pelonggaran Covid-19 di China, Bank Mandiri: Berdampak Positif untuk Ekonomi Indonesia

Airlangga juga mengatakan, konsumsi masyarakat, investasi, dan ekspor menjadi penggerak ekonomi nasional sepanjang 2022.

Selain itu, pemerintah mencatat defisit Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2022 di bawah 3 persen di tahun 2022.

"Kemudian inflasi tetap terkendali di level 5,51 persen dan ini koordinasi dan extra effor antar pusat dan daerah," ujarnya.

Airlangga menambahkan, penurunan kasus Covid-19 juga berdampak pada pemulihan ekonomi yaitu menurunnya jumlah pengangguran sebesar 5,8 persen di Agustus 2022 dan kemiskinan sebesar 9,54 persen di Maret 2022.

Lebih lanjut, ia mengatakan, seluruh kinerja penanganan Covid-19 dan pemulihan ekonomi bisa dicapai dengan kebijakan gas dan rem yang sering disampaikan Presiden Joko Widodo.

"Kinerja ini dapat dicapai berkat kebijakan bapak presiden yaitu rem dan gas yang berjalan responsif dan adaptif," ucap dia.

Baca juga: Utusan Joe Biden Kasih Masukan ke Luhut: Kami Terima, tapi Jangan Pernah Ganggu Pertumbuhan Ekonomi Indonesia

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com