Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sri Mulyani: Pelabuhan dan Komplek Industri Kini Bukan Lagi Dilihat sebagai Tempat Kumuh

Kompas.com - 28/01/2023, 12:10 WIB
Akhdi Martin Pratama

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani menyebutkan pelabuhan dan kompleks industri kini menjadi etalase Indonesia dalam menunjukkan bagaimana RI melakukan bisnis.

"Pelabuhan dan kompleks industri kini bukan lagi tempat di mana orang dulu melihatnya sebagai tempat kumuh, pokoknya dulu itu ngeri-ngeri sedap," ungkap Sri Mulyani dilansir dari Antara, Sabtu (28/1/2023).

Maka dari itu, efisiensi, kebersihan, dan teknologi digital saat ini terus digencarkan pemerintah di kedua tempat tersebut. Pemerintah menyadari bahwa seluruh fasilitas untuk mendukung industri, distribusi, serta logistik dalam dunia bisnis harus semakin baik.

Baca juga: Luhut Sebut Insentif Motor Listrik Rp 7 Juta, Sri Mulyani Bakal Bahas dengan DPR

Dengan demikian, pemerintah salah satunya membangun platform National Logistic Ecosystem (NLE) yang memiliki target implementasi di 14 pelabuhan dan bandara Indonesia, bersama dengan Strategi Nasional Pencegahan Korupsi (Stranas PK).

Sri Mulyani menjelaskan NLE memberikan lebih dari10 layanan dan program di mana terdapat 15 lebih kementerian/lembaga (K/L) yang berkolaborasi dalam NLE, sehingga pengusaha tak perlu lagi pergi ke masing-masing K/L untuk menanyakan regulasi, proses, dan persyaratan untuk kemudahan suatu bisnis.

Oleh karenanya pembangunan NLE bertujuan agar proses melakukan bisnis di Indonesia semakin kompetitif, baik dari segi waktu, simplifikasi, kecepatan, serta pada akhirnya dari segi biaya.

Baca juga: Bos Samsung Indonesia Curhat ke Sri Mulyani, Khawatir Dampak Resesi

"Dengan biaya yang lebih rendah, maka akan semakin kompetitif. Ini yang dilakukan, simplifikasi dari proses kolaborasi secara logistik, layanan, pembayaran digital, dan menjaga tata kelola," tutur Sri Mulyani.

Bendahara Negara pun meminta agar Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Kementerian Keuangan bisa terus mengelola sistem NLE ini dengan tetap menjaga fasilitasi yang ada untuk industri dan perdagangan.

Kendati demikian, langkah tersebut tidak menjadi alasan Bea Cukai untuk mempersulit para pengusaha, terutama yang bekerja dalam memperbaiki industri dan berkompetisi agar Indonesia mampu meningkatkan kinerja perekonomian.

Baca juga: Momentum Pemulihan Terus Terjadi, Sri Mulyani Pede Ekonomi RI Tumbuh 5,4 Persen Sepanjang 2022

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com