Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gadeng Mastercard, Ayoconnect Bakal Percepat Pembayaran Berbasis Rekening Bank

Kompas.com - 31/01/2023, 14:00 WIB
Agustinus Rangga Respati,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Platform open finance API Ayoconnect menggandeng Mastercard untuk memodernisasi pembayaran berbasis rekening bank.

Kerja sama ini akan menawarkan konsumen pelayanan sederhana saat melakukan checkout dari merchant, serta didebet langsung dari rekening bank.

CEO & Founder Ayoconnect Jakob Rost mengatakan, kerja sama ini nantinya juga akan memungkinkan konsumen untuk mengelola pembayaran tagihan mereka dengan lebih efisien.

"Selain itu akan memungkinkan para biller menerima pembayaran tepat waktu," kata dia dalam konferensi pers, Selasa (31/1/2023).

Baca juga: Percepat Digitalisasi Perbankan, Konsultan IT Searce Gandeng Ayoconnect

Ia menambahkan, dengan open banking, masyarakat yang belum tersentuh layanan perbankan tersebut akan dapat mengakses berbagai produk keuangan.

Selain itu, para konsumen juga bisa memiliki akses penuh ke jejak finansial digital mereka dan menggunakan data keuangan tersebut untuk memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang keadaan finansial secara keseluruhan.

"Mulai dari tabungan dan deposito hingga kebiasaan belanja dan pembayaran bulanan seperti membayar tagihan langsung dari rekening bank mereka," imbuh dia.

Peluncuran dan penerapan solusi baru ini akan dilakukan di tahun 2023 pada sejumlah merchant.

Baca juga: Mastercard Edukasi Masyarakat untuk Dorong Keterampilan Digital

 


Sementara itu, President Director PT Mastercard Indonesia Navin Jain mengatakan, kebutuhan konsumen di era digital saat ini berkembang dengan cepat. Konsumen cenderung menginginkan pengalaman yang lebih baik.

"Open banking menempatkan bisnis dan konsumen sebagai pusat dan bagaimana data keuangan mereka digunakan, serta akses lebih lanjut ke layanan yang mereka inginkan dan butuhkan," tandas dia.

Sebagai informasi, Ayoconnect sendiri telah bekerja sama dengan 200 institusi keuangan dan perusahaan teknologi seperti BRI, DANA, dan Bukalapak.

Ayoconnect sendiri telah berdiri sejak tahun 2016.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com