Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

9 Emiten Indonesia Masuk Daftar ASEAN Asset Class

Kompas.com - 31/01/2023, 15:24 WIB
Rully R. Ramli,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Bursa Efek Indonesia (BEI) melaporkan terdapat 9 perusahaan tercatat atau emiten nasional yang asuk dalam daftar ASEAN Asset Class. Ini merupakan daftar 100 emiten di bursa negara yang tergabung dalam ASEAN dengan tata kelola perusahaan yang baik dan layak dilirik kalangan investor global.

Perusahaan-perusahaan tersebut masuk dalam daftar ASEAN Asset Class dengan menggunakan penilaian ASEAN Corporate Governance Scorecard (ACGS) 2021. Ini merupakan penilaian corporate governance yang digagas oleh ASEAN Capital Market Forum (ACMF) dan Asian Development Bank (ADB).

Baca juga: Caranya Membaca Laporan Keuangan Saham Perusahaan

Corporate Governance Expert yang mewakili Indonesia, Angela Simatupang mengatakan, hasil penilaian ACGS telah digunakan oleh berbagai organisasi untuk mendapatkan gambaran mengenai penerapan tata kelola perusahaan tercatat di ASEAN.

Di Indonesia, penilaian dilakukan terhadap 100 emiten yang sudah mewakili 81,86 persen dari total kapitalisasi pasar BEI. Hasilnya, 9 perusahaan masuk ke dalam daftar ASEAN Asset Class, dengan 1 eiten masuk dalam kategori ASEAN Top 20 Publicly-Listed Companies (PLCs).

"Kita senang bahwa di tahun ini ada 1 perusahaan Indonesia yang masuk dalam ASEAN Top 20 PLCs, yaitu PT Bank CIMB Niaga Tbk," ujar dia dalam Peluncuran Roadmap Pasar Modal Indonesia 2023-2027 dan Apresiasi Hasil Penilaian ACGS Tahun 2021, Selasa (31/1/2023).

Baca juga: 10 Saham Ini Paling Banyak Diborong Asing Kemarin


Adapun daftar 9 emiten yang masuk ke dalam daftar ASEAN Asset Class PLCs beserta nilainya adalah sebagai berikut:

  1. PT Bank CIMB Niaga Tbk (118,46)
  2. PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (111,82)
  3. PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (109,85)
  4. PT Bank Mandiri (Persero) Tbk (109,81)
  5. PT Bank BTPN Syariah Tbk (107,21)
  6. PT Bank Central Asia Tbk (106,64)
  7. PT Unilever Indonesia Tbk (105.84)
  8. PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk (99,08)
  9. PT Timah Tbk (99,03)

"Hasil penilaian menunjukkan bahwa tingkat praktik tata kelola yang baik dan pengungkapan sangat dipengaruhi oleh sikap dari manajemen puncak perusahaan daripada ukuran perusahaan," kata Angela.

Lebih lanjut Angela bilang, secara umum nilai rata-rata ACGS Indonesia menunjukkan kenaikan sebesar 9,3 persen. Namun kenaikan juga dicatatkan oleh negara lain.

"Sehingga kita terus memacu diri agar bisa bersaing dengan perusahaan publik di ASEAN," ucapnya.

Baca juga: Momen Anak TK Buka Perdagangan Saham

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com