Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tentukan Pilihanmu
0 hari menuju
Pemilu 2024

Pedagang: Sudah 2 Minggu Stok Minyakita Kosong

Kompas.com - 01/02/2023, 09:20 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Minyak goreng curah merk Minyakita langka di pasaran. Karena kelangkaan tersebut, pedagang mau tak mau memilih pelanggan mana yang dibolehkan beli dan mana yang tidak.

Armia, pedagang di Palmerah, mengaku, sudah sejak 2 minggu yang lalu produk Minyakita tidak dijual di warung kelontongnya lantaran sulit didapatkan.

"Kosong, sudah dari 2 minggu kemarin (stok Minyakita) kosong. Karena enggak ada stoknya dari sana (agen)," ujarnya saat dijumpai Kompas.com di Palmerah, Selasa (31/1/2023).

Baca juga: Minyakita Langka, ID Food Minta Produsen Genjot Produksi

Padahal, kata Armia, banyak pelanggannya yang mencari produk tersebut lantaran dinilai lebih bagus dan murah. "Banyak yang nyari kemarin, tapi yah gimana stoknya kosong," kata Armia.

Sementara terkait harganya, Armia tidak berkeluh, lantaran harganya masih sama alias tidak naik. Walau demikian, dia mengaku khwatir, jika ke depannya harganya naik lantaran stoknya yang susah dicari.

" Semiga saja enggak naik kan biasanya kalau barang susah harga naik kayak kemarin," ungkap dia.

Pun yang dirasakan oleh pedagang asal Tambun Bekasi, Santi.

Baca juga: Menko Airlangga Bantah Implementasi B35 Bikin Minyakita Langka

Santi menuturkan, kini membeli Minyakita di agen tak seperti dulu. Sekarang, yang bisa mendapatkan Minyakita hanyalah pelanggan-pelanggan setia agen tersebut sementara yang bukan pelanggan setianya tidak kebagian.

"Sekarang agen aja jual Minyakita pilih-pilih orang. Dikasihnya ke pelanggan setianya doang. Kalau kaya misalnya, enggak dapat. Pasti kehabisan terus," ujar Santi.

Karena hal itu pun, Santi menuturkan, dirinya juga memilih pembeli mana yang dia berikan dan yang mana yang tidak. "Akhirnya saya juga pilih-pilih pembeli. Kalau yang datang ke warung saya itu pelanggan setia saya, saya kasih Minyakitanya, tapi kalau bukan yang langgan, ya nggak. Karena udah langganan jadi biar relasinya baik. Kelangsungan usaha saya kan ada di pelanggan setia," kata Santi.

Terkait harga, Santi bilang, harga Minyakita di warungnya kini sudah tak lagi Rp 14.000 per liter, namun naik menjadi Rp 15.000 per liter.

Naiknya harga jual tersebut lantaran harga beli di agen sudah naik, semula Rp 12.000 atau Rp 12.500 per liter kini menjadi Rp 14.000 per liter.

"Di agen sekarang udah Rp 14.000 per liter. Susah saya naikin tinggi-tinggi. Kasian juga pelanggan saya kalau saya kasih harga Rp 16.000- Rp 17.000 per liter. Jadi saya nggak apa-apa untung dikit. Saya paling jual Rp 14.500 atau Rp15.000," pungkasnya.

Baca juga: Cegah Kelangkaan Minyakita, Mendag Zulhas: Kita Tambah Stok 50 Persen, Jadi 450.000 Ton

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+