Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bank Sumut Tunda Rencana Melantai di Bursa

Kompas.com - 01/02/2023, 09:40 WIB
Rully R. Ramli,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pelaksanaan penawaran umum perdana saham atau initial public offering (IPO) PT Bank Pembangunan Daerah Sumatera Utara atau Bank Sumut dibatalkan. Ini sebagaimana tercantum dalam laman e-IPO.

Dalam situs itu disebutkan, status IPO Bank Sumut berstatus cancelled. Padahal, perusahaan seharusnya sudah memasuki periode book building.

Sekretaris Perusahaan Bank Sumut Agus Condro Wibowo mengakui, perusahaan memutuskan untuk menunda proses menjadi perusahaan terbuka. Ia bilang, keputusan penundaan IPO diambil dengan melihat dinamika di pasar modal.

Baca juga: Incar Dana IPO Rp 1,49 Triliun, Bank Sumut Jaga Profitabilitas dan Efisiensi

Adapun keputusan penundaan diambil perusahaan dengan Penjamin Pelaksana Emisi Efek dan seluruh profesi penunjang. Bank Sumut disebut tengah mengatur timeline baru untuk jadwal IPO guna mengoptimalkan penawaran umum perdana saham.

"Perseroan tetap berkomitmen untuk melanjutkan proses IPO dalam rangka mencapai tujuan jangka panjang dan ekspansi bisnis," kata dia, dalam keterangannya, dikutip Rabu (1/2/2023).

Tanggapan Bursa Efek Indonesia

Menanggapi keputusan tersebut, Direktur Penilaian Perusahaan Bursa Efek Indonesia I Gede Nyoman Yetna mengatakan, calon emiten dapat melakukan pembatalan atau penundaan rencana IPO. Ini dapat dilakukan bersama dengan Penjamin Emisi.

Baca juga: Tumbuh 15,15 Persen, Bank Sumut Kantongi Laba Rp 706 Miliar

Ia menekankan, pembatalan atau penundaan IPO memang dapat dilakukan dengan pertimbangan tertentu. Adapun alasan mengenai pembatalan ataupun penundaan tersebut sepenuhnya didasarkan kepada keputusan calon perusahaan tercatat bersama dengan Penjamin Emisi.

"Calon perusahaan tercatat bersama dengan Penjamin Emisi dapat melakukan pembatalan ataupun penundaan rencana penawaran umum dengan pertimbangan tertentu," tuturnya.

Baca juga: Sepanjang 2022, Penyaluran KUR Bank Sumut Tumbuh 41,72 Persen

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com