Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS

Terapkan GCG, Elnusa Petrofin Raih Excellence Good Corporate Governance Ethics 2023

Kompas.com - 01/02/2023, 15:25 WIB
Fransisca Andeska Gladiaventa,
A P Sari

Tim Redaksi

KOMPAS.com – PT Elnusa Petrofin (EPN), anak usaha dari PT Elnusa Tbk (ELSA), berhasil meraih Indonesia Excellence Good Corporate Governance Ethics in Providing Integrated Chemical Commodities Supporting Upstream untuk kategori Energy and Mining Industry.

Adapun penghargaan ini diterima dalam ajang Indonesia Excellence Good Corporate Governance Awards 2023 yang diselenggarakan secara dalam jaringan (daring), Selasa (31/1/2023).

Direktur Operasi dan Marketing EPN Nur Kholis sebagai perwakilan direksi mengucapkan terima kasih kepada media Warta Ekonomi atas penghargaan yang diberikan.

Penghargaan ini buah dari kerja keras perwira Elnusa Petrofin dan menjadi penyemangat untuk semakin memacu kami dalam menjalankan operasional bisnis perusahaan secara lebih amanah dan prudent,” ungkap Nur Kholis usai menerima penghargaan yang dilakukan secara daring, Selasa.

“Hal itu tentunya dengan terus mempertimbangkan keseimbangan pemenuhan kepentingan seluruh stakeholders serta lingkungan dimana kami beroperasi sesuai dengan prinsip Good Corporate Governance (GCG),” tambah Nur Kholis dalam keterangan pers yang diterima Kompas.com, Rabu (1/2/2023).

Baca juga: Cegah Stunting di Samarinda, Elnusa Petrofin Gelar Penyuluhan Gizi Seimbang

Acara yang mengusung tema “Managing a High Level of Company Performance in GCG Ethics” itu dilaksanakan oleh Warta Ekonomi bersama dengan Institute For Development of Economics and Finance (INDEF).

Tujuan dari acara tersebut adalah memberikan penghargaan kepada perusahaan-perusahaan nasional dari berbagai industri yang secara konsisten menerapkan GCG dalam operasional bisnisnya.

Direktur Utama (Dirut) EPN Aditya Budi Prabowo mengatakan bahwa EPN berkomitmen dalam menerapkan tata kelola perusahaan yang baik (GCG) tidak hanya dalam lini bisnis chemical, tetapi juga di seluruh aktivitas bisnis dan operasional perusahaan.

“EPN telah menerapkan berbagai upaya dalam mendorong implementasi GCG, di antaranya dalam penerapan kebijakan CGC yang mengacu dan sejalan dengan pedoman CGC di Elnusa Group dan Sub Holding Upstream PT Pertamina (Persero) serta mengikuti perkembangan regulasi dan perundangan yang berkaitan dengan bisnis perusahaan dan berusaha memenuhi hal tersebut,” ujar Aditya.

Chief Executive Officer (CEO) dan Chief Editor Warta Ekonomi sekaligus Ketua Penyelenggara Indonesia Excellence Good Corporate Governance Awards 2023 mengucapkan selamat kepada para perusahaan yang berhasil mendapatkan penghargaan itu.

Baca juga: Demi SDM Sehat dan Berintegritas, 6.589 Pekerja Elnusa Petrofin Jalani Tes Narkoba

“Perusahaan yang terpilih menerapkan prinsip GCG secara komprehensif yang merupakan komitmen kuat perusahaan untuk selalu meningkatkan dan menjaga nilai perusahaan. Selain itu juga mendorong perusahaan yang lebih profesional, sehingga fundamental dan daya saing perusahaan menjadi lebih baik,” ujar Ihsan.

Sebagai informasi, penentuan penilaian terbagi menjadi dua kategori, yaitu kinerja keuangan (financial performance) dan kebijakan strategis perusahaan dalam melakukan inovasi produk maupun jasa, strategi bisnis, integrasi, ataupun ekspansi bisnis.

Dalam pendekatannya, tim peneliti Warta Ekonomi menggunakan pendekatan desk research, media monitoring, dan expert panels.

Dalam penghargaan tersebut, beragam upaya internal untuk mendorong dan memperkuat prinsip akuntabilitas, kewajaran, tanggung jawab, dan indepensi secara terus dilakukan setiap kuartal.

Selain itu, juga perlu untuk menerapkan prinsip transparansi dengan menerapkan saluran komunikasi untuk pengaduan yaitu sistem pelaporan online karyawan Elnusa Petrofin (SPOKEN) sebagai whistle blowing system (WBS) di lingkungan EPN.

Baca juga: Elnusa Dukung PHM Dongkrak Kembali Produksi Gas dari Lapangan Sisi Nubi

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com