Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kuota Penerima Beasiswa LPDP 2023 Naik Jadi 7.000 Orang

Kompas.com - 02/02/2023, 12:03 WIB
Muhammad Idris

Penulis

Sumber Antara

KOMPAS.com - Direktur Utama Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) Kementerian Keuangan Andin Hadiyanto menyatakan, jumlah penerima beasiswa LPDP ditargetkan sebanyak 7.000 orang pada 2003.

“Ini (beasiswa LPDP 2023) meningkat dari tahun 2022 yang sekitar 5.600 orang (5.664 orang),” ujar dia saat Rapat Dengar Pendapat bersama Komisi XI DPR di Gedung DPR dilansir dari Antara, Kamis (2/2/2023).

Dalam program umum, pemerintah menyediakan beasiswa reguler, beasiswa perguruan tinggi utama dunia, dan beasiswa parsial.

Program targeted mencakup beasiswa untuk Pegawai Negeri Sipil (PNS), TNI, dan Polri, lalu beasiswa kewirausahaan, beasiswa pendidikan kader ulama, dan beasiswa dokter spesialis dan sub spesialis.

Baca juga: Simak Besaran Gaji Polisi Berpangkat Kompol, AKBP, dan Kombes

“Saran Dewan Penyantun LPDP, nanti ada sekitar 1.000 orang per tahun untuk dokter spesialis dan subspesialis dan fellowship untuk menambah jumlah dokter spesialis di Indonesia,” ungkap Andin.

Untuk program afirmasi terdiri dari beasiswa penyandang disabilitas, beasiswa putra-putri Papua, beasiswa daerah afirmasi, dan beasiswa prasejahtera.

“Program afirmasi kami akan teruskan, daerah afirmasi maupun untuk putra-putri Papua. Ini selalu kami tambah dan kami perluas, termasuk sosialisasinya. Pak Direktur Beasiswa (Dwi Larso) habis keliling ke berbagai daerah timur Indonesia maupun barat Indonesia,” ucapnya.

Seleksi tahap pertama penerima beasiswa LPDP mulai dari 25 Januari-25 Februari 2023 untuk pendaftaran, proses seleksi dari 27 Februari-31 Mei 2023, dan pengumuman hasil seleksi pada 8 Juni 2023.

Baca juga: Tarif Tol Jakarta Bandung 2023 Lengkap di Semua Gerbang Tolnya

“Pengumumannya di Juni supaya bisa sekolah di bulan Juli 2023 atau Agustus 2023,” kata Direktur LPDP.

Setelah pengumuman seleksi tahap pertama, tahap kedua langsung dibuka pada 9 Juni-9 Juli 2023 untuk pendaftaran, proses seleksi dari 10 Juli-27 Oktober 2023, dan pengumuman hasil seleksi 7 November 2023 agar bisa segera kuliah pada Januari 2024.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com