Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daftar Gerai Transmart yang Tutup Permanen

Kompas.com - 05/02/2023, 21:06 WIB
Nur Jamal Shaid

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Perusahaan ritel PT Trans Retail Indonesia atau yang dikenal Transmart telah menutup 12 gerai pada tahun 2022. 

Vice President Corporate Communication Transmart Carrefour Satria Hamid mengatakan penutupan beberapa gerainya disebabkan imbas pandemi Covid-19.

Menurutnya, penutupan beberapa gerai tersebut dilakukan untuk meringankan kerja perseroan dari kinerja gerai yang tidak memuaskan.

Baca juga: Ekonom: Kecil Kemungkinan BI Naikkan Suku Bunga Acuan dalam Jangka Pendek

"Fenomena penutupan gerai ini lazim di industri ritel. Hal ini juga pernah menimpa restoran hingga hotel karena pandemi. Tak hanya itu, sejak 2020 masyarakat sudah lebih nyaman berbelanja online. Ini pula yang menjadi tantangan kami untuk menarik kembali masyarakat berbelanja di gerai kami," jelas Satria Hamid, dikutip dari Kontan.co.id, Minggu (5/2/2023).

Adapun beberapa gerai Transmart yang tutup permanen antara lain adalah Transmart di Mangga Dua Square, Jakarta Utara, Transmart ITC Kuningan, Jakarta Selatan, Transmart ITC Permata Hijau, Jakarta Selatan, Transmart ITC Cempaka Mas, Jakarta Pusat, Transmart Mal Ambasador, Jakarta Selatan, Transmart Tamini Square, Jakarta Timur dan Transmart Kepri Mall, Batam.

Hamid melanjutkan, setidaknya bisa bernapas lega sebab Pemerintah telah mencabut Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). Dengan begitu, pihaknya bisa mengambil momentum untuk memperkuat penjualan dengan jumlah gerai saat ini.

Baca juga: Pengguna KRL Jabodetabek Hari Senin Diprediksi 800.000 Orang, KCI Tambah Perjalanan Commuter Feeder

Saat ini, Transmart memiliki total 95 gerai yang tersebar di berbagai Indonesia. Hingga 2022, pihaknya telah menutup 12 gerai.

Satria mengungkapkan, untuk tahun ini tidak ada lagi penutupan gerai. "Untuk ekspansi atau rencana pembukaan gerai baru masih wait and see. Kami masih melihat kemungkinan untuk menambah toko baru atau melakukan konsolidasi dari toko-toko yang sudah ada," sambung dia.

Satria menyampaikan juga pihaknya optimistis dan percaya diri bisa meningkatkan penjualan di masa Ramadhan dan Lebaran mendatang. Transmart mengakui telah mempersiapkan stok 3 kali lebih banyak dibandingkan bulan biasanya.

Baca juga: Bappenas Buka Lowongan Kerja hingga 15 Februari 2023, Simak Persyaratannya

Tak hanya itu, Transmart juga lakukan kerjasama dengan unit bisnis lain, seperti Allo Bank, Bank Mega dan Mega Syariah untuk menyediakan promo menarik bagi pelanggan.

"Kami Transmart akan menjadi trendsetter Ritel Hypermarket yang menjual produk hemat energi dan ramah lingkungan, tunggu tanggal mainnya akan ada launching khusus untuk ini,” ujarnya. (Reporter: Amalia Nur Fitri | Editor: Anna Suci Perwitasari)

Artikel ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul "12 Gerai Tutup di Tahun 2022, Ini Kata Transmart"

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com