Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pusat Perbelanjaan Makin Ramai, Layanan Pijat Refleksi Pelepas Penat Makin Cuan

Kompas.com - 06/02/2023, 13:30 WIB
Agustinus Rangga Respati,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Selepas pandemi Covid-19, bisnis pijat refleksi jadi salah jasa yang mulai banyak dicari kembali oleh masyarakat.

Pasalnya, selama pandemi Covid-19 lalu banyak orang yang tidak lagi mencari jasa ini lantaran sifatnya yang perlu kontak fisik. Pun, penyedia jasa ini juga mengalami penurunan omzet.

Beberapa bisnis pijat refleksi melakukan efisiensi dengan mengurangi jumlah gerai sampai pengurangan karyawan. Namun demikian, setelah kegiatan masyarakat mulai menggeliat kembali, bisnis pijat refleksi juga ikut menemukan pelanggan baru.

Salah satu penyedia jasa pijat refleksi yang kerap ditemui di pusat perbelajaan misalnya adalah Maor Reflexiology yang terletak di Mal Blok M Square.

Baca juga: Simak Ide-ide Usaha yang Tetap Cuan dari Bos BSI meski Terjadi Resesi

Ada 10 gerai dalam satu mal

Dalam satu pusat perbelanjaan Blok M Square, Maor Reflexiology sekurang-kurangnya memiliki 10 gerai. Adapun, setiap gerai terdiri dari sekitar 7 kursi dengan 5 orang ahli terapi atau pemijat.

Dengan perhitungan sederhana, bisnis ini mampu menyerap sekitar 50 orang dalam satu pusat perbelanjaan. Padahal, Maor Reflexiology ini juga ada di pusat perbelanjaan lain.

Maor Reflexiology ini sendiri memiliki tempat pijat dengan gerai terbuka. Selain kursi, tempat pijat ini juga menyediakan handuk dan lotion untuk keperluan pijat.

Baca juga: Cerita Irene Buka Bisnis Masakan Padang Vegan yang Sukses di Masa Pandemi

1 hari, 1 pemijat minimal tangani 4 pelanggan

Salah seorang karyawan yang enggan disebutkan namanya mengatakan, dalam satu hari seorang pemijat dapat menangani sampai 10 orang. Jumlah pelanggan ini juga tergantung pada lama layanan pijat yang diambil.

"Kalau orang pijat ambil yang paket 30 menit biasanya sehari bisa banyak orang. Jadi tergantung waktunya, tapi kalau sama saya biasanya tetap saya lebihin waktunya supaya puas," kata dia saat ditemuai di Blok M Square, Minggu (5/2/2023).

Meskipun begitu, pengunjung yang datang tidak selalu ramai setiap harinya. Terkadang, dalam satu hari ia hanya melayani sekitar 4-5 pengunjung. Jumlah ini terus mengalami peningkatan seiring dengan mobilitas masyarakat yang juga bertambah.

"Pernah juga sehari tidak mijat sama sekali, yang jelas ramai itu kalau Sabtu Minggu" imbuh dia.

Baca juga: Dari Buka Warung Bermodal Rp 500.000, Perempuan Ini Bisa Kuliahkan Anak hingga Rambah Bisnis Kosan

 

Harga layanan

Pengunjung dapat menikmati pijat refleksi yang ditawarkan mulai dari harga Rp 15.000 per 15 menit untuk pijat punggung.

Ia bilang, layanan yang jadi kegemaran pengunjung biasanya adalah refleksi kaki yang dibanderol Rp 30.000 untuk durasi 30 menit.

Adapula layanan lain seperti pijat seluruh badan, totok wajar, sampai bekam dengan variasi harga mulai dari Rp 30.000 sampai Rp 50.000 untuk setengah jam.

Selain itu, pengunjung juga dapat mengambil paket-paket pijat yang disediakan misalnya paket refleksi, relaksasi, dan totok wajah seharga Rp 100.000 untuk 90 menit.

Atau ada pula paket body massage dan bekam dengan harga Rp 175.000 untuk 100 menit.

Ia mengatakan, pengunjung yang datang biasanya mereka yang lelah setelah seharian berjalan-jalan di pusat perbelajaan. Meskipun beberapa di antaranya memang sengaja datang ke tempat itu untuk pijat.

"Jadi memang sudah ada yang langganan dan sengaja datang untuk pijat, kadang kasih kabar dulu sebelum ke sini," terang dia.

Baca juga: UMKM Jualan Online Butuh Inovasi, Simak 4 Tips Berjualan di E-commerce Berikut Ini

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com