Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Waspadai Modus Penipuan File APK, Kominfo: Hati-hati, Jangan Diunduh

Kompas.com - 06/02/2023, 15:10 WIB
Haryanti Puspa Sari,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Masyarakat baru-baru ini dihebohkan dengan kasus penipuan melalui tautan, dokumen atau aplikasi APK (Android Package Kit) bertuliskan Surat Undangan Pernikahan Digital melalui aplikasi pesan instan (WhatsApp).

Dikutip dari Kompas.com (28/1/2023), penipuan ini dilakukan oleh sebuah nomor asing yang membagikan tautan tersebut, lalu menyuruh korban untuk membuka tautan undangan pernikahan tersebut.

Namun, saat dibuka, sebuah aplikasi akan terinstal dan mencuri data rekening milik orang yang mengakses tautan tersebut.

Baca juga: Marak Penipuan Bermodus File APK, Bagaimana Cara Kerjanya?

Menanggapi hal tersebut, Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) Semuel Pangerapan meminta masyarakat untuk tidak mengunduh tautan, dokumen atau aplikasi APK yang dikirimkan nomor asing.

"Ini jadi APK-APK memang namanya social engineering atau penjahat selalu mencari peluang-peluang. Hati-hati, jangan di-download," kata Semuel dalam acara Peringatan World Data Privacy Day 2023 di Artotel Thamrin, Jakarta, Senin (6/2/2023).

Semuel meminta masyarakat untuk tidak mengunduh file yang dikirimkan nomor asing melalui pesan singkat WhatsApp.

Ia mengatakan, file APK itu memiliki program yang dapat memerintahkan telepon pintar (Smartphone) untuk mendapatkan kata sandi dan data pribadi lainnya.

Baca juga: Ramai Penipuan Bermodus File APK, Pahami Cara Kerja dan Tips Menghindarinya

"Itu bisa saja apapun bisa dibaca, seperti ada program yang ditanamkan di handphone kita yang bisa memerintahkan untuk memberikan data pribadi yang dia (Penipu) perlukan yang bisa merugikan kita," ujarnya.

"Jadi itu hati-hati, membaca juga hati-hati, kalau bukan nomor resmi jangan diklik," sambungnya.

Lebih lanjut, Semuel mengatakan, modus penipuan berkedok file APK tak dapat dicegah. Karenanya, kata dia, literasi digital masyarakat harus ditingkatkan sehingga terhindar dari maraknya penipuan digital.

"Balik lagi ke pengguna marena itu penipuan. Literasi yang kita lakukan indeks literasi digital terkait keamanan siber kita itu memang rendah itu yang kita mau tingkatkan. Kalau bisa masyarakat aware (sadar) sehingga tidak mudah tertipu," ucap dia.

Baca juga: Waspada Modus Penipuan File APK Sasar Wajib Pajak

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com