Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pesawat Susi Air Diduga Dibakar KKB, Susi Pudjiastuti Doakan Keselamatan Pilot dan Penumpang

Kompas.com - 07/02/2023, 16:29 WIB
Kiki Safitri,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemilik maskapai Susi Air sekaligus Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti memohon doa untuk keselamatan pilot dan penumpang pesawat Susi Air.

Pesawat dengan nomor registrasi PK BVY dikabarkan mengalami hilang kontak sesaat usai mendarat di Bandara Paro, Nduga, Papua Pegunungan, dan diduga dibakar Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB).

"Mohon doakan dan dukungannya. Dengan segala kerendahan hati dan atas nama kemanusiaan, Kami mohon keselamatan pilot dan penumpang PK BVY. Mohon dukungan & doa semoga pilot kami di Nduga Paro diberikan lindungan Alloh SWT, bisa kami jemput selamat," ungkap Susi dalam postingan di Twitter @Susipudjiastuti, Selasa (7/2/2023).

Baca juga: Kemenhub: Pilot dan Penumpang Pesawat Susi Air di Nduga Masih dalam Pencarian

Sementara itu, Managing Director Susi Air Nadine Kaiser saat dihubungi mengatakan bahwa pesawat tersebut dibakar usai landing. Hal itu terdeteksi dari flight tracking system.

"Kami sudah dapat (informasi) intel bahwa pesawat dibakar karena dari flight tracking system terindikasi bahwa pesawat landing dengan aman," kata Nadine.

Dikonfirmasi secara terpisah, Representative Susi Air Donal Fariz mengatakan, pihaknya sedang berkoordinasi dengan otoritas terkait guna menelusuri ada tidaknya upaya sabotase dari kelompok tertentu.

"Kami juga sedang melakukan upaya, melakukan pengecekan, apakah ada sabotase oleh pihak-pihak tertentu yang melakukan perusakan pesawat tersebut," kata Donal.

Baca juga: Pesawat Susi Air Diduga Dibakar, Kemenhub: TNI AU Akan Bantu Observasi Keadaan di Paro


Diberitakan sebelumnya, pesawat Susi Air tersebut mengalami hilang kontak pada pukul 06.17 WIT. Lalu, pesawat itu dilaporkan terbakar.

Donal mengatakan, pihaknya saat ini sedang dalam proses pencarian pilot dan penumpang pesawat tersebut. Sebab, hingga berita ini diturunkan, belum ada kepastian di mana keberadaan mereka.

"Kami sedang menelusuri terkait keberadaan pilot yang sampai saat ini kami belum bisa memastikan secara tepat lokasinya, termasuk dengan para penumpang yang menaiki pesawat tersebut," kata Donal.

Baca juga: Kapolda Papua Sebut Pembakaran Susi Air Tak Terkait Kasus Lukas Enembe

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com