Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menhub: LRT Velodrome-Manggarai Ditargetkan Rampung di September 2024

Kompas.com - 08/02/2023, 05:10 WIB
Haryanti Puspa Sari,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mendukung inisiatif Pemprov DKI Jakarta untuk menyambungkan jalur Light Rail Transit (LRT) Jakarta rute Pegangsaan Kelapa Gading, Velodrome sampai ke Stasiun Manggarai.

Budi mengatakan, langkah ini dapat mengintegrasikan angkutan massal lainnya seperti KRL Jabodetabek dan kereta jarak jauh.

“Stasiun Manggarai sedang disiapkan untuk menjadi stasiun sentral yang menjadi pusat pertemuan KRL dari berbagai rute seperti, Bogor, Bekasi, Depok, dan Tangerang,” kata Menhub Budi saat bertemu dengan Pejabat (PJ) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono dalam keterangan tertulis, Selasa (7/2/2023).

Baca juga: Menhub Senang Ada Integrasi Tarif KRL, Transjakarta, MRT dan LRT Jakarta

Budi mengatakan, pembangunan jalur LRT Jakarta rute Velodrome-Manggarai ini ditargetkan rampung pada September 2024.

“Ini tambah lagi satu titik yaitu dari Kelapa Gading ke Manggarai. Saya pikir ini suatu langkah yang strategis. Pemprov DKI sudah mengalokasikan dana dan ditargetkan selesai pada September 2024,” ujarnya.

Lebih lanjut, terkait pembangunan MRT Jakarta Fase 3 timur barat (east-west), Budi mengatakan, telah membahas bersama Pemprov DKI mengenai proyek pembangunan jalur MRT Jakarta Fase 3 rute segmen Kembangan – Medan Satria.

Baca juga: Daftar 18 Stasiun LRT Jabodebek, Beroperasi Pertengahan 2023

Ia mengatakan, rute tersebut akan menyambung sampai ke Bekasi.

“Kita butuh role model pengembangan angkutan massal perkotaan yang baik. Salah satu contohnya adalah DKI Jakarta yang bersedia memberikan subsidi untuk angkutan massal di kotanya sehingga meringankan beban cost masyarakat dan masyarakat memiliki banyak pilihan transportasi, seperti Trans Jakarta, MRT, dan juga LRT. Semoga ini bisa menjadi contoh kota lainnya,” ucap Menhub Budi.

Baca juga: Serba-serbi LRT Jabodebek yang Akan Beroperasi pada Juli 2023

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com