Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tentukan Pilihanmu
0 hari menuju
Pemilu 2024

Gencar Lakukan Buyback Saham di Awal 2023, Bos BRI Pastikan Kondisi Keuangan Tetap Solid

Kompas.com - 08/02/2023, 16:10 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI akan membeli kembali atau buyback saham perseroan yang telah dikeluarkan dan tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI) senilai Rp 1,5 triliun.

Padahal Januari lalu, BRI juga telah menyelesaikan proses buyback saham senilai Rp 3 triliun untuk 647.385.900 lembar saham.

Direktur Utama BRI Sunarso mengatakan, aksi korporasi ini tidak mengganggu kondisi keuangan pasca buyback sehingga dipastikan kondisi keuangan perseroan tetap solid.

Baca juga: Jokowi Sentil Perbankan Margin Bunga Bersih Tinggi, Bos BRI Sebut NIM-nya Turun 33,2 Persen dari 2008

"Selama buyback ini kita sudah sangat kalkulatif dengan baik, tidak akan mengganggu kinerja, tidak akan mengganggu permodalan BRI ke depan bahkan memperkuatnya," ujarnya saat konferensi pers, Rabu (8/2/2023).

Buyback saham ini digunakan untuk para karyawan BRI sebagai pelaksanaan program kepemilikan saham pekerja maupun direksi. Hal ini untuk meningkatkan engagement karyawan BRI.

Dia berharap dengan adanya buyback saham ini, akan menumbuhkan motivasi dan rasa memiliki karyawan terhadap perusahaan yang kemudian akan mendongkrak kinerja karyawan.

Pasalnya, jika kinerja perseroan baik, maka karyawan yang ikut memiliki saham BRI akan langsung menikmati hasil kerjanya melalui dividen.

Baca juga: Penyaluran Kredit BRI Rp 1.139 Triliun pada 2022, 84,74 Persen Kredit UMKM

"Kalau kita lihat sekarang pun telah beberapa kali buyback itu. Total yang dimiliki oleh pekerja tidak sampai 1 persen. Jadi saya pikir enggak salah kalau kita punya keinginan untuk paling tidak total karyawan memiliki saham 1 persen atau 2 persen," jelasnya.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Keuangan BRI Viviana Dyah Ayu Retno Kumalasari mengatakan, dengan buyback saham ini perseroan ingin memberikan insentif kepada para pekerja dalam bentuk saham.

"Sehingga meningkatkan engagement pekerja dan memacu kestabilan pertumbuhan kinerja BRI ke depan," kata Viviana.

Adapun aksi korporasi ini akan diselesaikan paling lambat 18 bulan setelah tanggal Rapat Umum Pemegang SahamTahunan Tahun (RUPST) 2023 yang menyetujui buyback.

Rencananya, BRI akan menggelar RUPST 2023 pada 13 Maret 2023 sehingga periode buyback akan berlangsung selama 14 Maret 2023 sampai 14 September 2024.

"Jumlah buyback sebesar sebanyak-banyaknya Rp 1,5 triliun yang akan diselesaikan dalam jangka waktu maksimal 18 bulan dari putusan RUPS ini, tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja keuangan perseroan," tukasnya.

Baca juga: Melonjak 67,15 Persen, Laba Bersih BRI 2022 Capai Rp 51,4 Triliun

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+