Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pangkas 500 Karyawannya, eBay Bakal Fokus Garap Bisnis yang Menguntungkan

Kompas.com - 09/02/2023, 07:40 WIB
Kiki Safitri,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

NEW YORK, KOMPAS.com – Perusahaan e-commerce e-bay bakal pangkas 500 karyawannya atau setara dengan 4 persen dari total keseluruhan karyawan e-bay. Hal ini diungkapkan oleh perusahaan melalui pengajuan Securities and Exchange Commission (SEC) atau, dokumen berisi aturan yang diserahkan perusahaan kepada otorita bursa di AS.

Mengutip CNBC, CEO e-bay Jamie Iannone mengumumkan rencana PHK tersebut melalui sebuah memo kepada karyawannya. Iannone mengatakan, keputusan tersebut diambil dengan mempertimbangkan kondisi ekonomi makro global selama beberapa bulan terakhir.

Baca juga: Badai PHK Perusahaan Teknologi Berlanjut, Ketua Asosiasi E-Commerce Buka Suara

Dia mengatakan PHK yang dilakukan ini diharapkan dapat memberikan pengalaman yang lebih baik bagi pelanggannya, serta membantu eBay fokus pada area-area yang dapat memberikan dampak paling besar dalam bisnisnya.

“Yang penting, pergeseran ini memberi kami ruang tambahan untuk berinvestasi dan menciptakan peran baru di area berpotensi tinggi, seperti teknologi baru, inovasi pelanggan, pasar utama, serta terus beradaptasi dan fleksibel dengan lanskap makro, e-commerce, dan teknologi yang berubah,” ungkap Iannone.

Dia mengatakan karyawan yang terkena dampak akan diberitahu sehari setelah pengumuman tersebut.

Baca juga: Badai Perusahaan Teknologi Berlanjut, eBay Bakal Pangkas 4 Persen Karyawannya

 

 

Susul Google hingga Zoom

Pengumuman PHK tersebut juga sebelumnya menimpa perusahaan industri teknologi, seperti Zoom yang juga mengumumkan rencana untuk memangkas sekitar 1.300 pekerjaan pada Selasa kemarin.

Pada bulan Januari, Google mengungkapkan rencana untuk memberhentikan lebih dari 12.000 pekerja, Microsoft mengungkapkan rencana untuk memangkas 10.000 karyawan dan Salesforce mengumumkan rencana untuk memberhentikan 7.000 pekerja.

Baca juga: Daftar 12 Perusahaan Teknologi Dunia yang PHK Massal Karyawannya pada 2023

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com