Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Punya Banyak Sumber Daya, Kalimantan Barat Diyakini Mampu Dongkrak Ekonomi RI

Kompas.com - 10/02/2023, 12:00 WIB
Agustinus Rangga Respati,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno optimistis Provinsi Kalimantan Barat bisa menjadi bagian kebangkitan ekonomi.

Hal tersebut disampaikannya dalam Pelatihan Pelaku Ekonomi Kreatif Bagi Pemula yang digelar di Pontianak, Kalimantan Barat, pada Kamis (9/2/2023).

Sandiaga mengatakan, Kalimantan Barat bisa mendongkrak ekonomi Indonesia setelah pulih dari pandemi. Selain dari segi ekonomi kreatif, menurutnya Kalimantan punya banyak keunggulan.

"Saya sangat yakin Kalimantan Barat bisa menjadi lokomotif kebangkitan ekonomi, selain dari destinasi wisata, Kalimantan Barat juga punya sumber daya melimpah," kata Sandiaga melalui keterangannya, Kamis (9/2/23).

Baca juga: Erick Thohir: Kalbar Potensial Jadi Pusat Pertumbuhan Ekonomi

Dalam kegiatan tersebut Sandiaga Uno turut memberikan pelatihan pengelolaan keuangan kepada ratusan pelaku UMKM di Pontianak.

Sandiaga mengatakan, pelatihan pengelolaan keuangan ini penting untuk pengetahuan pelaku UMKM menjalankan usahanya agar bisa membuka lapangan pekerjaan lebih luas.

"Kita harapkan ini akan membangkitkan perekonomian dan membuka lapangan kerja," imbuh dia.

Baca juga: Diresmikan Jokowi, Intip Wajah Baru Bandara Tebelian Sintang Kalbar

UMKM kesulitan modal

Dalam kesempatan itu, Sandiaga juga membuka diskusi dengan para pelaku UMKM. Ia mendengarkan kendala dan kesulitan yang dialami oleh pelaku UMKM di Pontianak.

Beberapa pelaku UMKM menyatakan kesulitan dalam mendapatkan modal untuk menjalani usaha, Sandiaga langsung memberikan solusi.

"Tadi ada beberapa yang langsung kita berikan solusi di tempat, yaitu seorang ibu yang baru mendapat fasilitas hibah Rp 1 juta. Kami fasilitasi mendapatkan pinjaman Rp 5 juta tanpa persyaratan yang termasuk program KUR," tutup Sandiaga.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com