Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Diminta Bantu Salurkan 7 Juta Liter Minyakita, Bos Bulog: Secara "Real" Kita Belum Ditunjuk

Kompas.com - 10/02/2023, 20:40 WIB
Elsa Catriana,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Badan Pangan Nasional (Bapanas) meminta Perum Bulog untuk mendistribusikan 7 juta liter Minyakita sebagai salah satu upaya mencegah kelangkaan.

Terkait hal itu, Direktur Utama Perum Bulog mengatakan, hingga saat ini pihaknya belum menerima penugasan lebih detail lantaran perusahaan yang menjadi produsennya juga belum ditunjuk.

"Itu kan baru alokasi penugasan sejumlah itu (7 juta liter) yang kita harus ambil, (penugasan) secara real belum, karena belum ditunjuk pabrik mana yang akan mensupply untuk kota," ujarnya saat ditemui di kantornya, Jumat (10/2/2023).

Baca juga: Beli Minyakita Tak Perlu Pakai KTP, Mendag Batasi Pembelian Hanya 2 Liter

Walau demikian, Budi Waseso mengaku, pihaknya sudah memiliki mekanisme pendistribusian Minyakita ke masyarakat.

Sementara itu ihwal dana atau alur distribusi dari produsen ke Bulog, Budi Waseso masih belum bisa membeberkan lantaran belum mendapatkan kejelasan.

"Kita harus lihat dulu barangnya bagaimana, penugasannya seperti apa," ungkap pria yang kerap disapa Buwas itu.

Adapun sebelumnya, Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas) Arief Prasetyo Adi mengatakan, pihaknya telah melakukan pertemuan bersama produsen minyak goreng dan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) di bidang pangan yakni ID Food dan Perum Bulog untuk membahas komitmen penyaluran Minyakita.

Baca juga: Mendag Akan Setop Distribusi Minyakita ke Supermarket dan Toko Grosir

Hal ini juga menjadi upaya percepatan pemenuhan Cadangan Pangan Pemerintah (CPP) komoditas minyak goreng atau Cadangan Minyak Goreng Pemerintah (CMGP).

Dari pertemuan tersebut Arief mengatakan, dihasilkan komitmen penyaluran produsen minyak goreng ke BUMN Pangan sebanyak total 29 juta liter per bulan dimulai dari Februari-Maret ini.

"Jumlah tersebut terdiri dari 18 juta liter minyak goreng curah dan 11 juta liter minyak goreng kemasan," ujarnya dalam siaran persnya, Jumat (10/2/2023).

Arief memaparkan, dari total 29 juta liter tersebut ID Food akan mendapatkan penyaluran sebanyak 22 juta liter dan Bulog sebanyak 7 juta liter.

Jumlah tersebut akan dipasok oleh 7 produsen minyak goreng, yang terdiri dari PT Bina Karya Prima sebanyak 33 ribu liter, PT SMART 11 juta liter, Apical Group 8 juta liter, KPN Group 600.000 liter, PT Mahesi Agri Karya 666.00p liter, PT LDC Indonesia 3 juta liter, dan PT Permata Hijau Group 6 juta liter.

Baca juga: Wajar Ibu-ibu Menengah ke Atas Beli Minyakita, Kemasannya Menggoda

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com