Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

IHSG Berpotensi Rebound, Simak Rekomendasi 2 Analis Ini

Kompas.com - 13/02/2023, 06:42 WIB
Rully R. Ramli,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup di level 6.880,33 pada Jumat (10/2/2023) lalu. Tercatat selama sepekan lalu, indeks acuan Bursa Efek indonesia (BEI) ini terkoreksi sebesar 0,45 persen dibanding pekan sebelumnya.

CEO Yugen Bertumbuh Sekuritas William Surya Wijaya mengatakan, pola gerak indeks saham masih berada dalam rentang konsolidasi wajar. Ini selaras dengan koreksi signifikan yang dialami oleh saham-saham besar.

"Namun peluang tetap dapat dimanfaatkan untuk mendulang capital gain dari saham yang memiliki fundamental kuat," kata dia, dalam risetnya, Minggu (12/2/2023).

Baca juga: IHSG Sepekan Turun 0,45 Persen, Kapitalisasi Pasar Merosot jadi Rp 9.489 Triliun

William menilai, IHSG memiliki potensi untuk bangkit pada perdagangan Senin (13/2/2023) hari ini, didukung oleh fundamental perekonomian RI yang terjaga. Ia memproyeksi, indeks saham bergerak pada rentang 6.803-6.902.

"Kondisi IHSG sendiri dalam jangka panjang masih menunjukkan potensi kenaikan yang cukup besar mengingat kondisi perekonomian yang masih cukup stabil," tuturnya.

Pada sesi perdagangan hari ini, William merekomendasikan saham UNVR, HMSP, BBCA, BBRI, TLKM, PWON, ASRI, TBIG, dan ASII.

Senada, Analis Binaartha Sekuritas Ivan Rosanova memproyeksi IHSG menguat hari ini. Secara teknikal, IHSG telah mencapai target koreksi minimal wave b di 6.807 dan saat ini berada dalam rebound minor yang dapat mengisi gap mendekati level 6.000.

"Koreksi yang lebih dalam menuju 6.760 akan terjadi selama IHSG masih di bawah 6.938," katanya.

Lebih lanjut Ia bilang, level support IHSG berada di 6.807, 6.760, dan 6.712. Sementara level resisten berada pada 6.900, 6.968, dan 7.000.

"Berdasarkan indikator MACD menandakan momentum netral," ucapnya.

Adapun rekomendasi saham Ivan pada hari ini ialah, HRUM (buy on weakness), ASII (buy on weakness), GOTO (buy on weakness), EMTK (buy on weakness), dan UNTR (buy on weakness).

Baca juga: Mengenal Apa Itu Saham dan Jenisnya

Disclaimer: Artikel ini bukan untuk mengajak membeli atau menjual saham. Segala rekomendasi dan analisa saham berasal dari analis atau sekuritas yang bersangkutan, dan Kompas.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan atau kerugian yang timbul. Keputusan investasi ada di tangan Investor. Pelajari dengan teliti sebelum membeli/menjual saham.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com