Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tingkatkan Layanan Verifikasi Identitas, Flash Mobile Gandeng VIDA

Kompas.com - 13/02/2023, 14:40 WIB
Agustinus Rangga Respati,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Indonesia Digital Identity (VIDA) mengumumkan kerja sama dengan PT FM Digital Solution (Flash Mobile) sebagai payment gateway provider dan biller aggregator.

Flash Mobile merupakan salah satu ekosistem digital yang digadang PT MNC Kapital Indonesia Tbk.

Flash Mobile menawarkan akses eksekusi real time ke berbagai metode pembayaran serta mengumpulkan pembayaran tagihan biller MNC Group dan 2.500 merchant lainya melalui integrasi single API.

Baca juga: HIngga Akhir Januari 2023, Pemerintah Kantongi Rp 10,7 Triliun dari Pajak Digital

Dalam kerja sama ini, VIDA menyediakan layanan VIDA Verify, yakni layanan verifikasi identitas online berdasarkan penerbitan sertifikat elektronik oleh VIDA sebagai Penyelenggara Sertifikat Elektronik (PSrE) berinduk Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo).

Kerja sama ini akan memberikan nilai tambah untuk mendukung proses bisnis fintech yang diproses oleh Flash Mobile, termasuk melakukan proses verifikasi identitas online.

Selain itu, VIDA juga menyediakan layanan berbasis sertifikat elektronik lain ke depannya seperti tanda tangan digital, otentikasi multifaktor, dan lain sebagainya.

Chief Comercial Officer (CCO) PT Flash Mobile Kanton Kulaga mengatakan, kerja sama ini merupakan upaya perusahaan dalam menerapkan sistem keamanan dan privasi kepada pengguna layanan MNC Group.

Baca juga: Sudah Dilarang, TikTok Shop Masih Jual Minyakita, Harganya Capai Rp 18.000 Per Liter

"Lewat kerja sama ini, kami berharap Flash Mobile dan MNC Group dapat terus berinovasi dalam mendorong ekosistem layanan keuangan digital yang inklusif maupun berkontribusi bagi perekonomian nasional," ujar dia dalam konferensi pers, Senin (13/2/2023).

Sementara itu, Group CEO dan Co-Founder VIDA Niki Luhur mengatakan, dengan tingginya tren ancaman kejahatan siber khususnya pada sektor keuangan saat ini, kepercayaan masyarakat terhadap keamanan digital (digital trust) menjadi salah satu kunci dalam mendorong tumbuhnya ekonomi digital.

Sebagai digital trust provider, Niki bilang, VIDA berkomitmen tidak hanya menyajikan teknologi identitas digital yang aman, tetapi juga sistem yang mudah diakses dan digunakan konsumen.

Teknologi VIDA tak hanya memudahkan layanan keuangan digital tetapi juga lebih nyaman digunakan pengguna serta membantu perusahaan untuk meningkatkan skala bisnis mereka dan mempercepat pertumbuhan.

"Harapannya, kerja sama VIDA dengan Flash Mobile dapat menjadi upaya bersama untuk membangun ekosistem layanan keuangan digital yang inklusif di Indonesia,” pungkas Niki.

Baca juga: Lion Parcel Targetkan Peningkatan Volume Pengiriman 45 Persen di 2023

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com