Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

DPR RI Pilih Filianingsih Hendarta Jadi Deputi Gubernur BI

Kompas.com - 13/02/2023, 16:30 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI memilih Filianingsih Hendarta sebagai Deputi Gubernur BI periode 2023-2028 menggantikan Dody Budi Waluyo yang masa jabatannya berakhir pada April 2023.

Hal ini diungkapkan Anggota Komisi XI DPR RI lainnya Eriko Sotarduga setelah melakukan rapat internal pengambilan keputusan calon Deputi Gubernur BI pukul 3 sore ini.

"Dari dua ini yang dipilih secara aklamasi tadi oleh seluruh partai Ibu Filianingsih yang sama-sama Asisten Gubernur BI. Dua-duanya memang yang paling senior di BI yang sudah bekerja kurang lebih 38 tahun," ujar Eriko setelah rapat internal di Gedung DPR RI, Jakarta, Senin (13/2/2023).

Baca juga: Filianingsih Paparkan 3 Strategi jika Terpilih Jadi Deputi Gubernur BI

Adapun Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah mengusulkan dua nama calon Deputi Gubernur BI yaitu Kepala Departemen Regional BI Dwi Pranoto dan Kepala Departemen Sistem Pembayaran BI Filianingsih Hendarta.

Anggota Komisi XI DPR RI Mukhamad Misbakhun mengatakan, pemilihan Deputi Gubernur BI ini dilakukan setelah dilaksanakannya fit and proper test pada siang hari tadi.

"Tadi setelah fit and proper test, ada rapat internal antara Kepala Kelompok Fraksi (Kapoksi) dan diputuskan secara aklamasi," ujar Misbakhun di Gedung DPR RI, Jakarta, Senin (13/2/2023).

Baca juga: Rekam Jejak Dwi Pranoto dan Filianingsih, Calon Deputi Gubernur BI yang Diusulkan Jokowi

 


Selanjutnya, keputusan dari DPR RI ini akan disampaikan dalam Rapat Paripurna, kemudian dilanjutkan dengan pelantikan oleh Mahkamah Agung.

Namun Misbakhun tidak dapat memastikan kapan Filianingsih akan dilantik. Pasalnya, hal ini akan bergantung dengan Keputusan Presiden yang akan diterbitkan.

Baca juga: Ketua Banggar DPR: Figur Gubernur BI yang Ideal adalah yang Memiliki Chemistry dengan Pemerintah

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com