Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menhub Temui Menteri Transportasi Singapura, Bahas Peningkatan Kerja Sama

Kompas.com - 14/02/2023, 05:50 WIB
Muhammad Idris

Penulis

KOMPAS.com – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Senin (13/2/2023), melakukan kunjungan kerja ke Singapura untuk bertemu dengan Menteri Transportasi Singapura Mr. Iswaran.

Pertemuan tersebut membahas sejumlah hal terkait upaya peningkatan kerjasama kedua negara, khususnya di sektor transportasi udara, laut, dan pengembangan SDM sektor transportasi.

“Hubungan bilateral antara Indonesia dan Singapura selama ini sudah terjalin baik, dan kedua negara sepakat untuk menjaga hubungan yang saling menguntungkan dan membuka sejumlah peluang kerja sama di sektor transportasi,” ujar Budi Karya dalam keterangannya.

Dalam pertemuan tersebut, Menteri Budi Karya bersama Mr. Iswaran menyaksikan penandatanganan dokumen antara Kemenhub RI dengan Kementerian Transportasi Singapura, sebagai tindak lanjut dari perjanjian FIR kedua negara pada tahun 2022 lalu.

Baca juga: UMK atau UMR Kota Kediri dan Kabupaten Kediri 2023 Terbaru

“Ini merupakan upaya bersama kedua negara untuk meningkatkan keselamatan, keteraturan, dan efisiensi pengelolaan ruang udara di kawasan kedua negara. Langkah ini juga menunjukkan komitmen kedua negara untuk mengimplementasikan perjanjian FIR yang telah ditandatangani tahun lalu,” ujar Budi Karya.

Dalam kunjungannya ke Singapura, ia juga sempat mengunjungi pelabuhan logistik di Singapura.

“Kami ingin mencari referensi desain dan teknologi terkini untuk pengembangan pelabuhan di Indonesia,” ucapnya.

Sementara itu, terkait pengembangan SDM sektor transportasi, Budi Karya mendorong dilaksanakannya program-program praktek kerja lapangan untuk sekolah kedinasan di bawah naungan Badan Pengembangan SDM Perhubungan.

Baca juga: Kode Bank BCA untuk Transfer Beda Bank di ATM

Ia mengapresiasi salah satu program praktek kerja lapangan yang sudah dijalankan di Atase Perhubungan Singapura, di mana program tersebut memberikan kesempatan bagi perwira atau taruna dan taruni untuk mendapatkan pengalaman selama 6 bulan bekerja di kantor Atase.

"Program ini sangat baik, karena selain menimba ilmu di sekolah, mereka memiliki pengalaman langsung bekerja di lapangan dengan lingkup internasional,” tuturnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com