Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Geber Persiapan "Spin Off" Usaha Syariah, Allianz Life Tunjuk Direktur Baru

Kompas.com - 14/02/2023, 19:32 WIB
Agustinus Rangga Respati,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Asuransi Allianz Life Indonesia (Allianz Life) berencana menjalankan pemisahan unit usaha syariah (UUS) atau spin off pada pertengahan tahun 2023.

Untuk menuju rencana tersebut, Allianz Life menunjuk Achmad Kusna Permana sebagai Managing Director Sharia awal Februari 2023.

Ke depannya, Permana akan bertanggung jawab atas unit usaha syariah Allianz Life. Sedikit catatan, unit syariah Allianz Life Indonesia sudah mulai beroperasi pada 2006.

Baca juga: Pimpinan DPR: Pengembalian Uang Ratusan Konsumen Meikarta Melalui Proses Titip Jual, Bukan Refund

Lebih lanjut, Permana mengungkapkan bisnis syariah Allianz Indonesia saat ini sudah memiliki basis sumber daya dan operasional yang kuat. Hal tersebut juga diikuti oleh beberapa pencapaian.

Dari sebab itu, ia optimistis pasar produk syariah Allianz akan semakin luas.

“Allianz membuat nasabah mempercayakan perlindungan asuransi untuk diri dan keluarganya kepada Allianz, termasuk segmen nasabah syariah yang saat ini potensi pertumbuhan pasarnya masih sangat besar di Indonesia,” ujar dia dalam keterangan resmi, Selasa (14/2/2023).

Baca juga: Sengkarut Asuransi Bermasalah Bikin Presiden Jokowi Gerah, Bagaimana Penanganannya hingga Saat Ini?


Permana sendiri telah memiliki segudang pengalaman dalam dunia keuangan syariah.

Sebagai informasi, Permana sempat menjabat sebagai Presiden Direktur Bank Muamalat sebelum bergabung dengan Allianz Indonesia.

Sebelumnya, Permana mengawali karirnya di industri perbankan melalui Officer Development Program Bank Bali serta menjabat berbagai posisi senior.

Hal itu terjadi sebelum akhirnya Permana fokus pada bisnis syariah di Bank HSBC Indonesia, Bank Danamon, Bank Permata, dan Bank Muamalat. 

Pengalaman Permana di bidang keuangan syariah dan memimpin organisasi, ditandai dengan transformasi bisnis melalui penguatan kapabilitas digital dan budaya tim yang terbangun, modern, dan profesional sesuai prinsip syariah.

Baca juga: Aneka Upaya Penyehatan Asuransi Jasindo, dari Aksi Korporasi sampai Perbaikan Fundamental

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com