Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pimpinan DPR: Meikarta Kembalikan Uang Konsumen melalui Proses Titip Jual

Kompas.com - 14/02/2023, 20:05 WIB
Haryanti Puspa Sari,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Sufmi Dasco Ahmad mengatakan, pengembang apartemen Meikarta PT Mahkota Sentosa Utama (MSU) melakukan pengembalian uang konsumen melalui proses titip jual.

Ia mengatakan, sekitar 130 konsumen apartemen Meikarta mengajukan pengembalian dana yang telah disetorkan dengan alasan unit tak kunjung selesai.

"Manajemen mengambil kebijakan untuk para konsumen yang ingin meminta dananya kembali, itu 130-an (konsumen) untuk dalam proses titip jual melalui manajemen (pengembang apartemen Meikarta)," kata Dasco saat mengunjungi proyek Meikarta di Cikarang Selatan, Kebupaten Bekasi, Jawa Barat, Selasa (14/2/2023).

Baca juga: Pimpinan DPR: Sekitar 130 Konsumen Apartemen Meikarta Minta Uang yang Disetor Dikembalikan

Dasco mengatakan, pihak pengembang menyebutkan bahwa proses titip jual unit tersebut akan memakan waktu selama 4 minggu.

"Manajemen menyatakan kalau melihat arus dari supply dan demand paling lama 4 minggu atau 1 bulan itu sudah selesai," ujarnya.

Dasco berharap proses titip jual untuk pengembalian uang konsumen tersebut berjalan dengan lancar.

Ia juga memastikan DPR tetap memantau proses pengembalian uang konsumen agar kisruh antara pengembang dan konsumen tak terulang kembali.

Baca juga: Pimpinan DPR: Pengembalian Uang Ratusan Konsumen Meikarta Melalui Proses Titip Jual, Bukan Refund


"Mudah-mudahan bisa selesai, namun untuk menjaga hal tersebut tidak terjadi lagi, dan juga supaya apa yang sudah dikeluarkan konsumen lain itu tetap terjaga, kami dari DPR RI dalam hal komisi terkait nanti akan ikut memantau proses kelancaran pembangunan," tuturnya.

Lebih lanjut, Dasco mengatakan, DPR juga akan terus memantau proyek Meikarta hingga proses serah terima unit ke konsumen.

"Dan juga kami akan melakukan pendampingan kepada konsumen yang sudah membeli agar haknya dapat terpenuhi," ucap dia.

Adapun dalam kunjungan ke Meikarta, rombongan pimpinan DPR disambut Direktur Utama PT Lippo Cikarang Tbk Ketut Budi Wijaya. Rombongan diajak ke lantai dua gedung Irvine Westwood untuk melihat kawasan Meikarta.

Baca juga: Kunjungi Proyek Meikarta, Pimpinan DPR Diajak Bos Lippo Cikarang Lihat Apartemen yang Sudah Diserahterimakan

"Kita nanti akan ke distrik 1 dan distrik 2, nanti bapak bisa lihat unit yang sudah diserahkan," kata Budi.

Selanjutnya Budi dan rombongan pimpinan DPR menuju distrik 2 apartemen Meikarta untuk melihat maket masterplan Meikarta.

Budi mengatakan, pada tahun 2023 sebanyak 2.200 unit akan diserahkan kepada konsumen, dan 3.400 unit akan diserahkan pada 2024.

"Nanti 2.200 akan diserahkan tahun ini, 3.400 unit di 2024," kata Budi.

Setelah meninjau distrik, Budi dan rombongan pimpinan DPR menuju ke distrik 1 untuk melihat unit apartemen yang telah diserahkan kepada konsumen.

"Ini contoh yang sudah diserahkan kepada konsumen, ada tiga kamar," kata Budi.

Baca juga: Pengembang Meikarta Cabut Gugatan Rp 56 Miliar, Konsumen: Kita Apresiasi ke Lippo

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com