Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sambut Tamu WSBK Mandalika, Layanan Dermaga Gili Mas Ditingkatkan

Kompas.com - 18/02/2023, 16:17 WIB
Muhammad Choirul Anwar

Penulis


KOMPAS.com – Sirkuit Mandalika Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) kembali akan menjadi venue gelaran balap World Superbike (WSBK) pada 3-5 Maret 2023 mendatang.

Sejumlah persiapan tengah dilakukan termasuk dari sisi fasilitas kepelabuhan untuk menyambut wisatawan yang akan menyerbu kawasan tersebut.

Salah satu upaya tersebut adalah penerapan International Ship and Port Security Code atau ISPS Code di Dermaga Gili Mas yang terletak di Kecamatan Lembar, Kabupaten Lombok Barat.

Baca juga: Ingin Zero Accident Saat Lebaran, Kemenhub Uji Kelaikan Kapal Penumpang

ISPS Code adalah aturan komprehensif yang mengatur prosedur keamanan terhadap kapal dan fasilitas pelabuhan dan menjadi bagian dari Konvensi Internasional untuk Keselamatan Jiwa di Laut (Safety of Life at Sea/SOLAS).

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menerapkan ISPS Code dengan harapan agar keamanan kapal dan fasilitas pelabuhan lainnya akan lebih terjamin.

Kasubdit Patroli dan Pengamanan, Direktorat Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP), Capt Hermawan bersama tim Direktorat Jenderal Perhubungan Laut telah meninjau langsung Dermaga Gili Mas.

Hermawan menjelaskan, saat ini infrastruktur Pelabuhan Gili Mas sudah cukup bagus untuk melayani kapal pesiar kelas internasional yang bisa menampung sekitar 1.500 orang.

Selain itu, pengembangan juga dilakukan di beberapa zona yaitu zona peti kemas dengan luas 6,06 hektar, zona logistik 1,18 hektar, zona perkantoran dan bisnis perdagangan 2,95 hektar, zona pariwisata atau marina 0,37 hektar, zona utilitas 0,83 hektar, zona pemerintah 0,5 hektar, dserya kapasitas kontainer 1900 teus.

“Pembangunan fasilitas Pelabuhan Gili Mas yang dilaksanakan oleh PT Pelabuhan Indonesia merupakan salah satu upaya yang dilakukan Kementerian Perhubungan cq Direktorat Jenderal Perhubungan Laut guna membantu sektor pariwisata di NTB,” ujarnya dalam keterangan resmi, dikutip pada Sabtu (18/2/2023).

Baca juga: Bertemu Dorna Sports, Erick Thohir Pastikan Sirkuit Mandalika Lebih Siap Gelar MotoGP 2023

Aturan kunjungan kapal pesiar

Lebih lanjut, Hermawan menjelaskan, kunjungan kapal pesiar di pelabuhan Indonesia, diatur dalam Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM 4 Tahun 2022 tentang pelayanan kapal wisata (yacht) asing dan kapal pesiar (cruiseship) asing di perairan Indonesia.

Kapal wisata (yacht) dan kapal pesiar (cruises) asing merupakan alat angkut perairan yang berbendera asing dan digunakan oleh wisatawan untuk berwisata atau melakukan perlombaan-perlombaan di perairan baik yang digerakkan dengan tenaga angin dan/atau tenaga mekanik.

“Tujuan dari pengaturan ini adalah untuk lebih meningkatkan kunjungan kapal wisata (yacht) dan cruises asing ke Indonesia serta memberikan kemudahan dalam hal pengurusan dokumen untuk memasuki wilayah perairan Indonesia,” bebernya.

Baca juga: Kemenhub: Lato-lato Boleh Dibawa ke Pesawat, tetapi Tak Boleh Dimainkan

Titik singgah kapal pesiar di sekitar Lombok

Kepala Kantor KSOP Kelas III Lembar Capt Purgana menjelaskan bahwa Terminal Gili Mas memiliki panjang 440 meter dengan lebar sekitar 26 meter dan kolam labuhnya mencapai -12 low water spring (LWS).

Menurut Purgana, saat ini pelabuhan singgah untuk embarkasi dan/atau debarkasi wisatawan dengan kapal pesiar (cruiseship) asing di wilayah Nusa Tenggara Barat (NTB) bisa dilayani melalui tiga lokasi yakni Terminal Khusus Pariwisata Marina Del Rey, Terminal Khusus Pariwisata Medana Bay Marina, dan Pelabuhan Lembar melalui Terminal Gili Mas.

Purgana juga mengatakan bahwa Terminal Penumpang Gili Mas merupakan salah satu one gate sistem pada saat gelaran WSBK Mandalika yang akan kembali di gelar di Indonesia dalam seri Mandalika 2023 yang direncananya digelar pada 3-5 Maret 2023 di Pertamina Mandalika International Street Circuit sebagai ronde kedua musim kompetisi 2023.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com