Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Motor Listrik Konversi Unjuk Gigi di IIMS 2023

Kompas.com - 20/02/2023, 17:04 WIB
Kiki Safitri,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Motor listrik konversi ikut unjuk gigi di ajang Indonesia Internasional Motor Show (IIMS) 2023 yang berlangsung di JIEXPO Kemayoran Jakarta pada 16-26 Februari 2023.

IIMS merupakan ajang mengkampanyekan kendaraan listrik kepada masyarakat, mengingat Indonesia berkomitmen mendorong implementasi energi bersih di Tanah Air. Motor listrik konversi, selain ramah lingkungan, juga banyak benefit yang didapat.

Youtuber otomotif, Om Mobi menyebut pengunaan kendaraan listrik dapat membuat penggunanya merasa lebih kaya dibanding menggunakan kendaraan BBM.

Baca juga: Siap-siap, Beli Motor Listrik Dapat Subsidi Rp 7 Juta

Menurut dia, perbedaan antara kendaraan BBM dengan listrik itu sangat signifikan. Terutama dari penggunaan bahan bakar minyak (BBM) yang dikonversi ke listrik, sehingga lebih murah.

"Pada minggu pertama akan sangat terdongkrak, kita akan merasa lebih kaya. Karena, hematnya sangat amat besar dari sisi pemakaian energi," ungkap Om Mobi dalam siaran pers, Senin (20/2/2023).

PLN juga memberi pengalaman kepada para pengunjung untuk menjajal kendaraan nol emisi ini. Bahkan, Direktur Utama PLN juga berkesempatan untuk menjajal kendaraan listrik tersebut.

Baca juga: Ketika Bos PLN Menjajal Motor Listrik Konversi di IIMS 2023


Darmawan juga mengungkapkan, pihaknya akan mempermudah akses bagi masyarakat yang ingin memiliki kendaraan listrik agar dipermudah.

Sebab saat ini, PLN sudah bekerja sama dengan Himpunan Bank Negara (Himbara) untuk menyediakan akses kredit ringan kepemilikan kendaraan listrik.

“Kita bangun solusi bagaimana masyarakat membeli kendaraan listrik dengan akses pembiayaan yang mudah dan praktis. Kita adakan marketplace dan skema kredit. DP murah, pembelian makin mudah. Semua pihak berdaya, masyarakat diuntungkan,” pungkas Darmawan.

Baca juga: Bocoran Luhut soal Subsidi Motor Listrik dan Diskon PPN Mobil Listrik

Darmawan menambahkan, setiap pembelian mobil listrik di PLN Mobile telah terintegrasi dengan layanan home charging. Bahkan, PLN memberikan diskon khusus sebesar 30 persen untuk pengisian baterai melalui home charging dari pukul 22.00-05.00 WIB.

“Pengisian daya kendaraan listrik lebih banyak dilakukan malam hari di rumah, saat kendaraan tidak dipakai. Oleh karena itu, kami berikan diskon tarif pengisian daya melalui layanan _home charging sebesar 30 persen pada pukul 22.00 malam hingga 05.00 pagi. Ini membuat operasional mobil listrik menjadi sangat ringan, sangat murah,” kata Darmawan.

Baca juga: Luhut Sebut Insentif Motor Listrik Rp 7 Juta, Sri Mulyani Bakal Bahas dengan DPR

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com