Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PLN Rampungkan Infrastruktur Kelistrikan untuk Dukung Gelaran F1 Powerboat di Danau Toba

Kompas.com - 20/02/2023, 20:10 WIB
Kiki Safitri,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi


BALIGE, KOMPAS.com - PT PLN (Persero) telah merampungkan infrastruktur kelistrikan untuk menyukseskan kejuaraan dunia balap perahu super cepat F1 Powerboat (F1H2O) yang akan dilaksanakan mulai 24 hingga 26 Februari 2023 di Danau Toba Balige, Sumatera Utara.

“Seluruh persiapan telah rampung 100 persen. Mulai dari pembangkit yang menggunakan energi baru terbarukan (EBT), kemudian di sisi jaringan listrik dan sistem cadangan juga sudah kami siapkan," ujar Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo dalam siaran pers, Senin (20/2/2023).

"Kami di PLN berkomitmen menjaga dan mengawal keandalan pasokan listrik selama perhelatan internasional ini dapat berjalan dengan baik,” lanjutnya.

Baca juga: PUPR: Pembangunan Venue F1 Power Boat Danau Toba Sudah 99,97 Persen

General Manager PLN Unit Induk Distribusi (UID) Sumatera Utara Tonny Bellamy mengatakan, pihaknya juga telah melakukan uji coba skema pengamanan kelistrikan.

Serangkaian simulasi juga dilakukan untuk memastikan pengamanan listrik dan sistem cadangan berfungsi dengan baik.

Untuk mendukung pelayanan serta percepatan penanganan gangguan, PLN telah mempersiapkan posko kelistrikan berbasis Supervisory Control And Data Acquisition (SCADA).

Sistem ini teringtegrasi dari gardu hubung, jaringan 20 kilo Volt (kV) hingga sistem keamanan listrik di venue F1 Powerboat

Baca juga: Sandiaga Targetkan Gelaran F1 Powerboat Tarik Kunjungan 25.000 Wisatawan

“Simulasi skema pengamanan kelistrikan telah dilakukan dan berjalan dengan baik. Jika terjadi gangguan saat pergelaran berlangsung, PLN dapat melakukan pemulihan pasokan kelistrikan hanya dalam waktu 3 detik,” ungkap Tonny.

Tonny memastikan kelistrikan di venue utama gelaran F1 Powerboat dan beberapa venue pendukung lainnya akan terus dipantau dan dijamin aman.

Pengecekan berkala akan terus dilakukan petugas PLN guna mendukung kesuksesan acara mulai dari tahap persiapan, pembukaan, puncak acara dan penutupan.

Baca juga: Terjual Habis di Hari Pertama, InJourney Kembali Buka Penjualan Tiket F1 Powerboat Secara Offline

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com