Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiang Besar di Stasiun Manggarai Ganggu Pergerakan Penumpang, Kemenhub: Untuk Ketahanan Gempa

Kompas.com - 21/02/2023, 13:11 WIB
Haryanti Puspa Sari,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Komunitas Kereta Rel Listrik (KRL) Depok-Bogor mengkritik tiang besar di Stasiun Manggarai. Keberadaan tiang besar tersebut dinilai mengganggu gerak penumpang saat transit di stasiun tersebut.

"Saya ingin menyampaikan soal tiang besar yang ada di peron Stasiun Manggarai itu untuk transit, naik turun pun amat sangat menganggu flow penumpang karena benar-benar jaraknya cuma satu orang saja," kata salah satu perwakilan Komunitas Kereta Rel Listrik (KRL) Depok-Bogor di kantor Kemenhub, Jakarta, Senin (20/2/2023).

Menanggapi hal tersebut, Kepala Balai Teknik Perkeretaapian Wilayah Jakarta-Banten Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Rode Paulus mengatakan, tiang besar tersebut untuk ketahanan gempa mengingat akibat pembangunan, Stasiun Manggarai menjadi lebih besar.

Baca juga: Akses Tangga Stasiun Manggarai Segera Ditambah, Urai Kepadatan Penumpang KRL

"Tiang kalau kami pelajari untuk ketahanan terhadap gempa itu bisa mengakomodir karena stasiun Manggarai dibangun begitu besar sehingga pilarnya perlu besar," kata Rode.

Meski demikian, Rode memahami tiang-tiang besar tersebut membuat ruang pergerakan penumpang menjadi sempit.

Ia mengatakan, pihaknya sedang mengkaji terkait bentuk tiang agar tak menghambat pergerakan penumpang.

"Apakah kita buat bulat atau seperti apa, kita harus lihat pertimbangan teknis gedung yang aman," ujarnya.

Baca juga: Asal-usul Stasiun Manggarai


Lebih lanjut, Rode menambahkan, pihaknya menargetkan pembangunan Stasiun Manggarai Tahap II akan rampung pada 2023. Sementara itu, pembangunan keseluruhan stasiun akan rampung pada tahun 2025.

"Pembangunan Stasiun Manggarai untuk tahap II di mana seluruh pengoperasian gedung termasuk KRL itu akan dioperasikan, kita targetkan tahun 2023. Untuk yang ultimate seluruh perkeretaapian termasuk kereta jarak jauh operasi kita targetkan tahun 2025," ucap dia.

Baca juga: Pembangunan Dilanjutkan, LRT Jakarta Akan Terhubung ke Manggarai, MRT Bakal sampai Bekasi

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com