Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BUMN yang Dibentuk untuk Mengelola Pelabuhan di Indonesia

Kompas.com - 22/02/2023, 09:54 WIB
Muhammad Idris

Penulis

KOMPAS.com - BUMN yang dibentuk untuk mengelola pelabuhan di Indonesia adalah Pelindo yang merupakan akronim dari Pelabuhan Indonesia. Apa itu Pelindo?

Di Tanah Air, ada sejumlah perusahaan yang secara khusus mengelola bisnis kepelabuhanan, baik itu perusahaan swasta maupun perusahaan yang dimiliki negara.

Untuk perusahaan BUMN yang mengelola pelabuhan dinamakan dengan Pelindo. Bisnis Pelindo sendiri tak hanya mencakup pelabuhan, namun juga bisnis terkait seperti logistik, peti kemas, penyediaan air listrik, lahan industri, pembangkit listrik, dan sebagainya.

Dikutip dari laman Pelindo, ada 4 perusahaan BUMN Pelindo yang pada mulanya dibagi berdasarkan wilayah operasinya. Pembagian wilayah ini yang kemudian dijadikan nama masing-masing perusahaan.

Baca juga: Nilai Akhlak BUMN, Arti, dan Panduan Perilakunya

Di mana Pelindo I artinya membawahi wilayah Regional 1, Pelindo II membawahi wilayah Regional 2, Pelindo III membawahi wilayah Regional 3, dan Pelindo IV membawahi wilayah Regional 4.

Berikut wilayah operasional Pelindo yang merupakan perusahaan pelabuhan di Indonesia milik negara:

  • Pelindo I meliputi sebagian besar Pulau Sumatera
  • Pelindo II meliputi sebagian Sumatera dan Jawa bagian Barat
  • Pelindo III meliputi Jawa bagian Timur dan sebagian Kalimantan
  • Pelindo IV meliputi sebagian besar Indonesia Timur

Namun saat ini, pemerintah tak lagi membatasi area wilayah masing-masing Pelindo. Untuk tujuan pengembangan bisnis, setiap Pelindo bisa beroperasi di wilayah mana pun di seluruh Indonesia.

Penggabungan Pelindo

Pada awalnya, ada 4 BUMN perusahaan pelabuhan di Indonesia yang meliputi PT Pelabuhan Indonesia I (Persero), PT Pelabuhan Indonesia II (Persero), PT Pelabuhan Indonesia III (Persero), dan PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero).

Baca juga: Bentuk BUMN Ada 3 Yaitu Persero, Perum, dan Perjan

Keempat perusahaan tersebut seluruh sahamnya atau 100 persen dimiliki pemerintah melalui Kementerian BUMN. Namun per tanggal 1 Oktober 2021, seluruh perusahaan digabung atau merger membentuk holding pelabuhan.

Di mana dalam merger tersebut, 3 perusahaan BUMN pelabuhan yakni Pelindo I, Pelindo III, dan Pelindo IV dilebur ke Pelindo II yang kemudian menjadi induk perusahaan atau holding, dengan nama baru Pelindo.

Nama anyar Pelindo tersebut menghilangkan nomor di belakangnya yang dalam sejarahnya adalah pembagian regional wilayah operasi.

Artinya, saat ini hanya ada 1 BUMN perusahaan pelabuhan di Indonesia yaitu Pelindo. Yang mana Pelindo II yang kemudian berganti nama menjadi Pelindo bertindak sebagai surviving entity (perusahaan yang bertahan).

Tujuan holding BUMN pelabuhan adalah layanan kepelabuhanan dapat menjadi lebih efisien dalam operasional dan investasi, dan tercipta jaringan transportasi laut yang optimal.

Baca juga: Apa Kepanjangan AKHLAK BUMN?

Kemudian dapat memberikan pelayanan yang prima dengan didukung oleh infrastruktur kepelabuhanan yang standar dan memadai. Setelah holding menjadikan PT Pelindo adalah sebagai pengelola pelabuhan terbesar saat ini. 

Berikut beberapa contoh daftar pelabuhan yang dikelola Pelindo dari total 95 pelabuhan yang dikelola di seluruh Indonesia:

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com