Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang Ajang F1 Powerboat, Anak Buah Luhut: Aktivitas Ekonomi di Danau Toba Mulai Menggeliat

Kompas.com - 22/02/2023, 19:40 WIB
Ade Miranti Karunia,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Deputi Bidang Koordinasi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Odo RM Manuhutu menjelaskan, perhelatan ajang balap perahu cepat atau F1 Powerboat di Danau Toba pada pekan ini, untuk mendukung Gerakan Bangga Berwisata di Indonesia (BBWI).

Selain itu, sebelum pelaksanaan ajang internasional F1 Powerboat, lanjut Odo, ekonomi masyarakat sekitar mulai menunjukkan geliat. Sehingga diharapkan mampu mendorong pertumbuhan ekonomi.

"Kami sudah dua minggu tinggal di sini (Balige) bersama tim, dan kita lihat sendiri bagaimana aktivitas ekonomi mulai menggeliat. BBWI adalah bentuk nyata upaya kita membantu ekonomi lokal," tuturnya dikutip dari laman resmi Kemenko Marves, Rabu (22/2/2023).

Baca juga: Pebalap dan Kru F1 Powerboat Sudah Tiba di Bandara Silangit

Pemerintah menargetkan, perhelatan ajang balap perahu cepat ini bisa menarik 21.000 wisatawan baik domestik maupun mancanegara.

"F1 Powerboat ini sudah menarik atensi banyak pihak dan saya kira teman-teman di daerah sudah sangat antusias, dengan harapan kegiatan ini bisa berdampak positif terutama dalam BBWI yang targetnya adalah 21.000 pergerakan wisatawan Indonesia," ucap Odo.

Mengenai rekayasa lalu lintas, Odo berharap kepada Kapolda Sumut dan Bupati Toba untuk memastikan akan berjalan dengan baik, dimana tidak ada kemacetan, dan tidak menghambat aktivitas masyarakat.

Dalam kesempatan itu, Bupati Toba, Poltak Sitorus menuturkan, pihaknya akan memanfaatkan ajang internasional tersebut untuk mengenalkan produk UMKM khas Toba.

"Tujuan diselenggarakan event ini adalah supaya kunjungan wisatawan ke daerah Toba, bisa ada peningkatan yang signifikan dan hal itu saya kira akan tercapai," ucapnya.

Baca juga: InJourney Siapkan 21 Lokasi Nobar F1 Powerboat di Danau Toba

Berdasarkan informasi yang dia terima, setidaknya 15.000 orang akan menyaksikan perhelatan olah raga air tersebut.

"Kita coba dekatkan UMKM kita, khususnya makanan, minuman, snack oleh-oleh ke tempat-tempat penonton. Sekaligus kita sudah siapkan mekanisme yang bisa menahan penonton agar tidak semuanya masuk ke pinggiran Danau Toba," ujar Poltak.

F1 Powerboat akan dihelat pada 24-26 Februari 2023. PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) atau InJourney pun menyiapkan 21 lokasi nonton bareng (Nobar) F1 Powerboat di Danau Toba.

Hal ini dilakukan untuk mengakomodir animo masyarakat yang tinggi. Direktur Pemasaran dan Program Pariwisata InJourney, Maya Watono mengatakan, pihaknya akan bekerja sama dengan kafe dan restoran yang berada di sekitar Danau Toba, sebagai lokasi nobar. Dengan begitu, diharapkan wisatawan memiliki banyak pilihan untuk menyaksikan balapan tersebut.

Baca juga: PLN Rampungkan Infrastruktur Kelistrikan untuk Dukung Gelaran F1 Powerboat di Danau Toba

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com