Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Beras Medium Bulog Belum Dijual di Alfamart dan Indomaret Kemanggisan

Kompas.com - 23/02/2023, 13:10 WIB
Elsa Catriana,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Beras medium Bulog belum dijual di ritel Alfamart dan Indomaret wilayah Kemanggisan, Jakarta Barat.

Padahal Pengusaha ritel Indonesia (Aprindo) menjanjikan, 2 pekan yang lalu Beras medium Bulog bakal dijual di 2 ritel tersebut.

Kompas.com mencoba untuk mengunjungi Indomaret di kawasan Palmerah, Jakarta Barat. Di bagian rak penyimpanan beras tidak ditemukan sama sekali beras premium Bulog yang kemasan 5 kilogram. Bahkan rak putih khusus beras terlihat kosong.

Baca juga: Pemerintah Tetapkan HET, Beras Medium Bulog Jadi Rp 9.000 Per Kg

"Beras Bulog enggak ada, belum pernah masuk ke sini," ujar Ridwan salah satu petugas Indomaret di sana saat ditemui Kompas.com, Rabu (22/2/2023).

Ridwan bilang, dari atasannya pun belum pernah memerintahkan timnya untuk menjual beras Bulog.

Tak jauh dari lokasi tersebut, Kompas.com mencoba bergeser ke ritel Alfamidi Palmerah Utara.

Serupa, Kompas.com tidak menemukan beras Bulog yang dijajal di rak beras. Hanya beras Pandan Wangi merk Alfamidi yang dijejerkan, bersama dengan beras merah milik ID Food.

Fahmi petugas Alfamidi Palmerah Utara mengaku tidak tahu menahu bahwa beras medium Bulog bakal dijual di ritel modern.

Dirinya bersama timnya hanya menjual beras yang sudah ditentukan oleh atasannya.

"Yah belum dijual karena memang enggak ada arahan. Ini (beras pandan wangi) juga baru saja datang, harganya Rp 89.000," ungkapnya.

Hal ini juga diamini oleh Jeny, petugas Alfamart di Kemanggisan Pulo. Jeny mengaku tidak tahu menahu bahwa beras Bulog akan masuk dan dijual di Alfamart.

Baca juga: Menyoal Mahalnya Harga Beras yang Bikin Porsi Nasi Warteg Berkurang

Bahkan, dirinya juga tidak tahu bagaimana penampakan fisik beras Bulog tersebut. "Enggak ada, emang beras Bulog itu yang gimana? Enggak ada tuh perasaan (masuk ke Alfamart)," ungkap dia.

Adapun sebelumny, Ketua Umum Asosiasi Pengusaha ritel Indonesia (Aprindo) Roy N. Mendey mengatakan, beras medium Bulog bakal dijual di ritel Alfamart dan Indomaret dalam pekan ini.

Dia menjelaskan, pihaknya saat ini sedang membahas soal berapa banyak jumlah beras yang akan digelontorkan per masing-masing outlet lantaran jumlah otulet Alfamart dan Indomaret banyak tersebar di Tanah Air.

"Minggu ini karena lagi dihitung karena tersebar dan distribusi centernya ada dimana-mana. Bulog juga sudah siap menyuplai beras kualitas medium ini di seluruh wilayah Indonesia," ujarnya saat peninjauan di Hypmart Puri Jakarta, Rabu (8/2/2023).

Lebih lanjut Roy mengatakan selama 2 hari ini pihaknya baru menerima 150 ton beras khusus untuk Hypermart di Puri Jakarta Barat. Sementara jumlah beras yang sudah tersalurkan untuk ritel Ramayana, Indogrosir, dan Transmart sudah mencapai 200 ton beras.

Ihwal harga, Roy menyebutkan akan dijual Rp Rp 9.450 per kilogram atau Rp 47.250 untuk kemasan 5 kilogram.

Sementara itu Direktur Utama Perum Bulog Budi Waseso mengatakan, alasan dipilihnya ritel modern sebagai tempat penyaluran beras adalah untuk memotong mata rantai yang membuat harga beras jadi mahal dan di sisi lain karena ritel modern ada di mana-mana.

"Nantinya akan tersedia beras Bulog ini di seluruh minimarket dengan harga yang sama untuk stabilitasi. Seluruh Indonesia anggota Aprindo semua laksanakan kegiatan ini dan Bulog akan memenuhi kebutuhan yang akan diminta Insha Allah. Ritel Indomaret dan Alfamart itu lebih dekat dengan masyrakat termasuk Transmart, jadi akan tersebar semuanya," kata Budi Waseso.

Baca juga: Blusukan ke Pasar, Presiden Jokowi Pastikan Pasokan Beras Bertambah dari Panen Raya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com