Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

MRT Jakarta Jalur Cikarang dan Balaraja Capai Kesepakatan Pendanaan Pada 2024

Kompas.com - 24/02/2023, 07:00 WIB
Ade Miranti Karunia,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Utama PT Moda Raya Terpadu (MRT) Jakarta, Tuhiyat mengatakan, proyek MRT Jakarta Fase 3 dan 4 sepanjang 84,102 kilometer akan mencapai kesepakatan pendanaan (financial close) pada tahun 2024.

Proyek Fase 3 ini meliputi Balaraja-Cikarang via Jakarta (East West Line). Sedangkan Fase 4 mencakup koridor Fatmawati hingga Taman Mini Indonesia Indah (TMII).

"Itu kami akan coba berupaya financial close sebagai soft atau grand launching dari East West itu terjadi di 2024," katanya di Jakarta, Kamis (23/2/2023).

Baca juga: Rute MRT Bundaran HI Tembus Ancol Ditargetkan Beroperasi pada 2032

Tuhiyat pun meluruskan pemberitaan yang menyatakan bahwa kontruksi East West Line akan dimulai pada tahun depan.

Dia bilang, usai mendapatkan pendanaan, MRTJ akan melakukan lelang proyek untuk menentukan kontraktor yang membangun.

"Tapi jangan dikatakan itu kemarin agak salah itu construction segala (dimulai pada 2024). Financial close dulu, begitu financial close kan ada tender. Tender itu membutuhkan waktu kurang lebih setahun," jelas dia.

Baca juga: Dorong Kota-kota Besar Bangun LRT dan MRT, Jokowi: Kalau Tidak, Nanti Keduluan Macet

Lebih lanjut kata dia, untuk investor yang telah menyatakan minat untuk proyek MRT Jakarta East West Line baru Japan International Cooperation Agency (JICA), Asian Development Bank (ADB), dan UK Export Finance.

"Potensial financier-nya itu JICA bekerja sama dengan ADB, ini untuk yang fase 1 stage 1 East-West, Medan Satria sampai Tomang," kata Tuhiyat.

Jalur MRT Jakarta East West Line sepanjang 84,102 km ini akan terdiri dari 49 stasiun yang berpotensi menjadi kawasan berorientasi transit serta tiga titik depo kereta.

Baca juga: Pembangunan Dilanjutkan, LRT Jakarta Akan Terhubung ke Manggarai, MRT Bakal sampai Bekasi

Biaya pembangunannya diperkirakan mencapai Rp 160 triliun. Dengan rute lintas provinsi tersebut, diharapkan akan dapat mengangkut pengguna jasa hingga 1,2 juta orang per hari.

Saat ini MRT Jakarta tengah menyelesaikan pembangunan proyek Fase 2A dari Bundaran HI-Kota senilai Rp 25,3 triliun. Berbeda dengan Fase 1 yang telah beroperasi, proyek MRT Jakarta Fase 2A juga akan dilaksanakan bersamaan dengan pembangunan TOD.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com