Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

SDM Terbatas, Alasan Beras Bulog Belum Masuk ke Alfamart dan Indomaret

Kompas.com - 24/02/2023, 08:38 WIB
Elsa Catriana,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Umum Asosiasi Pengusaha ritel Indonesia (Aprindo) Roy N. Mendey mengatakan, salah satu alasan mengapa beras premium milik Bulog belum masuk ke ritel Alfamart dan Indomaret adalah lantaran pendistribusian berasnya dari Perum Bulog ke retail modern membutuhkan waktu.

Dia menuturkan, Bulog memiliki keterbatasan mulai dari mesin pengemasan maupun tenaga kerja sehingga dibutuhkan waktu lebih lama.

“Karena kan kita terima per 5 kikogram, tidak ada terima dalam bentuk karung, kita tidak ada kemas-kemas kan. Jadi mereka (Bulog) kan untuk memproduksi dari yang beras impor Thailand karung ke (kemasan) yang 5 kilogram ada keterbatasan, mesin, tenaga dan butuh waktu,” ujar Roy saat ditemui di Jakarta, Kamis (23/2/2023).

“Jadi mereka lagi bekerja terus, maksimal. Jadi ini tidak mudah, tapi mestinya bisa terurai,” sambung Roy.

Baca juga: Beras Bulog Belum Dijual di Indomaret, Manajemen: Distribusi Belum Menyeluruh

Peredaran beras Bulog tidak merata

Roy mengatakan, beras operasi pasar Bulog ini baru tersedia di ritel-ritel modern di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi (Jabodetabek) saja.

“Apakah sudah ada? Sudah. Tapi belum merata. Seperti di Hypermart, Indomaret, Alfamart di kota-kota besar lah Jabodetabek baru kemudian Jawa Barat,” kata Roy.

Dia juga mengatakan, pihaknya sudah memesan atau pre-order (PO) kepada Bulog agar stok beras premium Bulog bisa segera ada di ritel Indomaret dan Alfamart .

Bahkan dia mengaku sudah berkoordinasi dengan Badan Pangan Nasional (Bapanas) untuk memproritaskan anggota Aprindo yang stoknya kosong untuk dipasok lebih dulu.

“Kita sudah ada kordinasi dengan Kelapa Bapanas (Badan Pangan Nasional) di mana Aprindo punya anggota yang kosong biar diutamakan untuk dipasok,” ujarnya.

Baca juga: Beras Medium Bulog Belum Dijual di Alfamart dan Indomaret Kemanggisan


Diberitakan sebelumnya, Beras medium Bulog belum dijual di ritel Alfamart dan Indomaret wilayah Kemanggisan, Jakarta Barat.

Padahal Pengusaha ritel Indonesia (Aprindo) menjanjikan, 2 pekan yang lalu Bulog kualitas medium bakal dijual di ritel Alfamart dan Indomaret.

Kompas.com mencoba untuk mengunjungi Indomaret di kawasan Palmerah, Jakarta Barat. Di bagian rak penyimpanan beras tidak ditemukan sama sekali beras premium Bulog yang kemasan 5 kilogram.

Bahkan rak putih khusus beras terlihat kosong.

"Beras Bulog enggak ada, belum pernah masuk ke sini," ujar Ridwan salah satu petugas Indomaret di sana saat ditemui Kompas.com, Rabu (22/2/2023).

Baca juga: Beras di Ritel Indomaret dan Alfamidi di Kemanggisan Kosong, Alfamart Stoknya Menipis

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com