Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
AGROINDUSTRI

Dukung Transformasi Hijau, PKT Gandeng DFSK untuk Penyediaan Kendaraan Operasional Bertenaga Listrik

Kompas.com - 24/02/2023, 09:24 WIB
Nada Zeitalini Arani,
Aditya Mulyawan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim) menandatangani perjanjian kerja sama dengan PT Sokonindo Automobile (DFSK) di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023 yang digelar di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Kamis (16/2/2023).

Adapun kerja sama tersebut terkait dengan penyediaan kendaraan listrik atau electric vehicle (EV) untuk berbagai lini operasional pabrik Pupuk Kaltim.

Kolaborasi tersebut juga menjadi salah satu implementasi prinsip environment, social, and governance (ESG) yang dipegang teguh Pupuk Kaltim.

Direktur Utama Pupuk Kaltim Rahmad Pribadi mengatakan bahwa pihaknya terus menggagas inovasi dan kolaborasi untuk menerapkan prinsip ESG pada setiap lini aktivitas bisnis. Hal ini pun telah tertuang dalam peta jalan (roadmap) keberlanjutan perusahaan.

“Setelah mengganti kendaraan roda dua operasional dengan motor listrik, kali ini kami bergerak ke kendaraan roda empat,” tuturnya dalam keterangan pers yang diterima Kompas.com, Kamis (23/2/2023).

Kerja sama tersebut, lanjutnya, juga menjadi langkah strategis perusahaan dalam mewujudkan visi untuk menjadi pelopor transformasi hijau di industri pupuk dan petrokimia.

“Kolaborasi ini diharapkan dapat mendorong Pupuk Kaltim dan DFSK untuk terus berinovasi demi mencapai target net zero emission pada 2060,” imbuhnya.

Kerja sama Pupuk Kaltim dan DSFK terkait penyediaan kendaraan listrik (Dok. Pupuk Kaltim)
Pupuk Kaltim Kerja sama Pupuk Kaltim dan DSFK terkait penyediaan kendaraan listrik (Dok. Pupuk Kaltim)

Sebagai informasi, DFSK akan menyuplai lima minibus Gelora E untuk kegiatan operasional Pupuk Kaltim. Kendaraan ini 100 persen bertenaga listrik sehingga ramah lingkungan.

Gelora E juga memiliki efisiensi energi yang tinggi sehingga perusahaan dapat menekan biaya operasional kendaraan. Dari segi durabilitas, kendaraan ini juga dinilai tahan banting.

“Ini merupakan terobosan yang menentang stigma tentang kendaraan listrik yang lebih rentan (rusak) ketimbang kendaraan berbahan bakar fosil,” imbuhnya.

Baca juga: Tembus Peringkat Ke-3 Terbaik di Dunia, Pupuk Kaltim Bertekad Lanjutkan Komitmen Penerapan ESG

Rahmad menilai, berbagai keunggulan yang ditawarkan kendaraan tersebut dapat mendukung kebutuhan Pupuk Kaltim dalam pengoperasian pabrik yang dinamis.

“Kami optimistis kerja sama ini dapat mendukung upaya kami dalam upaya transformasi hijau sekaligus menjaga kapasitas yang ciamik untuk memenuhi tuntutan produksi,” jelasnya.

Pada kesempatan sama, Marketing Head DFSK Achmad Rofiqi mengucapkan terima kasih kepada Pupuk Kaltim karena telah mempercayakan DSFK Gelora E sebagai kendaraan operasional perusahaan.

“Kepercayaan ini menjadi tonggak penting bagi DFSK Gelora E dalam menyediakan solusi mobilitas yang ramah lingkungan untuk menuju net zero emission,” ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com