Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Usai Insiden Ponsel Terbakar, Lion Air Rute Kupang-Surabaya Berangkat Pakai Pesawat Berbeda

Kompas.com - 27/02/2023, 06:30 WIB
Haryanti Puspa Sari,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pada Minggu, (26/2/2023), keberangkatan pesawat Lion Air penerbangan nomor JT-693 rute Kupang-Surabaya sempat tertunda akibat insiden ponsel berasap milik salah satu penumpang ketika pesawat didorong mundur (pushback).

Adapun pesawat Lion Air JT-693 dijadwalkan terbang pada pukul 06.15 WITA (GMT+ 08), Minggu.

Corporate Communications Strategic of Lion Air, Danang Mandala Prihantoro mengatakan, dalam peristiwa tersebut, salah satu penumpang membuka jendela darurat (emergency exit window) bagian kiri tanpa instruksi awak kabin pada pesawat Boeing 737-900ER registrasi PK-LQS.

"Pada penerbangan nomor JT-693, Lion Air membawa 7 serta 138 penumpang," kata Danang dalam keterangan tertulis, Minggu (26/2/2023).

Baca juga: Penjelasan Lion Air soal Pesawat Gagal Terbang akibat Ponsel Terbakar

Investigasi segera dilakukan

Danang mengatakan, tim investigasi dari otoritas penerbangan sipil Indonesia dan Lion Air sedang melakukan penyelidikan intensif untuk memastikan pesawat dan operasional memenuhi regulasi penerbangan, khususnya setelah terjadinya insiden ponsel terbakar.

Ia mengatakan, hasil investigasi akan digunakan untuk mendapatkan rekomendasi terbaik sebagai bagian penting meningkatkan keselamatan dan keamanan seluruh penerbangan ke depannya.

"Keselamatan dan kenyamanan penumpang merupakan prioritas utama bagi maskapai. Lion Air berkomitmen mengimplementasikan segala ketentuan standar operasional prosedur untuk mengedepankan pesawat yang digunakan pada operasional penerbangan aman dan terjamin," ujarnya.

Baca juga: Penjelasan Lion Air soal Pesawat Gagal Terbang akibat Ponsel Terbakar

Penerbangan rute Kupang-Surabaya dengan pesawat lain

Danang mengatakan, Lion Air telah memberangkatkan kembali penerbangan rute Kupang-Surabaya dengan menggunakan pesawat berbeda pada hari yang sama.

Ia menyebutkan, penerbangan dilakukan setelah melalui pengurusan serta persiapan yang membutuhkan waktu signifikan (penggantian pesawat dan kelengkapan dokumen tidak bisa instan dan cepat).

"Pesawat mengudara dari Bandar Udara El Tari pukul 14.20 WITA (GMT+ 08) dan mendarat di Bandar Udara Internasonal Juanda pukul 15.21 WIB (GMT+ 07)," tuturnya.

Lebih lanjut, Danang mengatakan, Lion Air mengingatkan kepada seluruh penumpang selalu mematuhi peraturan keselamatan penerbangan dan tidak membawa barang-barang berpotensi membahayakan dalam kabin pesawat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com