Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Buka Peluang untuk UMKM, Dropshipedia Hadir di Sumbar

Kompas.com - 27/02/2023, 11:00 WIB
Perdana Putra,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

PADANG, KOMPAS.com - Buka peluang bagi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) untuk mengembangkan usahanya, platform digital Dropshipedia hadir di tengah masyarakat Sumbar.

Platform yang mempertemukan antara UMKM dengan tenaga pemasaran ini memperkenalkan diri pada masyarakat Sumbar, Minggu (26/2/2023) di Padang.

"Persaingan bisnis semakin ketat. Kita lihat, pusat perbelanjaan dan pasar tradisional kian sepi. Kemudian, lahir para konten kreator yang menjalankan bisnis dari rumah, dimana di antara mereka ada yang memiliki omset sampai miliaran rupiah sebulan,” ungkap Dirut Dropshipedia, Arwan Aziz Jaelani saat peluncuran platform digital dropshipedia.com di Padang, Minggu (26/2/2023) malam.

Menurut Arwan, telah terjadi pola masyarakat dalam berbelanja. Perubahan pola ini harus dicermati para pelaku usaha termasuk usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

“Kami memandang, angkatan kerja Indonesia yang tersedia banyak saat ini, harus dikolaborasikan dengan pelaku UMKM sehingga bisa saling menguatkan,” ujar Azwan.

Baca juga: Peluang UMKM Berbisnis D2C Brand Terbuka Lebar, Kino Buka Program Pelatihan

Azwan mengatakan Dropshipedia hadir untuk memfasilitasi UMKM dan angkatan kerja yang berlimpah ini, untuk saling bergotong-royong memenangi persaingan itu.

Disebutkan Arwan Aziz, kolaborasi di Dropshipedia ini ditelurkan dengan cara memisahkan antara pelaku UMKM dengan tenaga pemasar.

Pelaku UMKM, diharapkan fokus ke produksi. Mereka cukup mengunggah (list) produk yang dihasilkan di platform digital yang beralamat di https://dropshipedia.com.

Data produk yang diunggah itu, urainya, nantinya akan dipasarkan para angkatan kerja yang akan dididik jadi konten kreator.

Baca juga: Tingkatkan Daya Saing UMKM, Shipper Gelar Legendary Brand Festival

Kolaborasi seperti ini, dipandang Arwan Aziz, akan membuat omzet UMKM meningkat signifikan. selain itu, para pencari kerja juga mendapatkan peluang kerja baru. Sedangkan pemerintah juga terbantu dengan berkurangnya angka pengangguran.

“Jika facebook memiliki visi, menghubungkan orang (connecting people) maka dropshipedia memiliki misi menghubungkan produsen dengan tenaga pemasar (connecting business),” tambah Arwan.

Baca juga: UMKM Punya Pasar Ekspor Luas, Kemendag Sasar Bangladesh, Pakistan, dan India

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com