Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Klub Moge Dirjen Pajak Jadi Sorotan, Berapa Harga Motornya?

Kompas.com - 27/02/2023, 11:30 WIB
Yohana Artha Uly,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Belasting Rijder, klub motor yang jadi wadah perkumpulan penyuka motor para pegawai Ditjen Pajak Kementerian Keuangan (Kemenkeu), menjadi sorotan. Klub motor gede (moge) ini diikuti pula oleh Dirjen Pajak Suryo Utomo.

Belasting Rijder sendiri merupakan bahasa Belanda. Belasting bermakna pajak, sementara rijder berarti pengendara, sehingga secara harfiah blasting rijder memiliki arti pengendara pajak.

Komunitas itu menjadi sorotoan setelah mencuatnya kasus penganiyaan oleh Mario Dandy Satrio (MDS), anak pejabat eselon III di Ditjen Pajak, Rafael Alun Trisambodo. Kasus itu membuat gaya hidup hedon MDS dan kekayaan Rafael menjadi sorotan publik.

Baca juga: Harta Pejabat Pajak yang Anaknya Aniaya Orang Nyaris Setara Sri Mulyani

Bak efek domino, tak lama setelah kasus MDS viral, beredar luas beberapa unggahan Dirjen Pajak Suryo Utomo maupun para pegawai Ditjen Pajak mengendarai motor gede. Video maupun foto Suryo yang mengendari moge beredar luas di akun Twitter, Youtube, Facebook, dan Instagram.

Namun saat kembali dipantau di Instagram pada Minggu (26/2/2023), beberapa akun IG Belasting Rijder diketahui sudah menghapus semua unggahannya, termasuk salah satunya yang memposting Dirjen Pajak yang tengah mengendarai moge.

Meski begitu, sebelum beberapa akun Belasting Rijder maupun postingannya lenyap, foto-foto Dirjen Pajak dan aktivitas sunmori pegawai Ditjen Pajak dengan moge sudah keburu beredar luas ke dunia maya.

Baca juga: Bisa Beli Rubicon, Berapa Besar Tunjangan dan Gaji PNS Pejabat Kemenkeu?

Harta Dirjen Pajak Suryo Utomo

Suryo sendiri memang diketahui memiliki motor gede dalam daftar harta kekayaannya pada Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) KPK per 31 Desember 2021. Moge tersebut bermerek Harley Davidson Sportster tahun 2003 seharga Rp 155 juta yang diperoleh dari hasil sendiri.

Selain itu, dia tercatat memiliki kekayaan yang juga dalam bentuk motor dengan merek Kawasaki ER6 tahun 2019 seharga Rp 52 juta, Honda Supra tahun 1997 seharga Rp 1 juta, Honda Beat tahun 2015 seharga Rp 10 juta, Yamaha RX King tahun 1996 Rp 16 juta. Seluruhnya diperoleh dari hasil sendiri.

Baca juga: Profil Belasting Rijder, Klub Moge DJP yang Dibubarkan Sri Mulyani

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com