Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sandiaga Singgung Foto Rubicon Mario Dandy Masuk Area Terlarang Wisata Bromo

Kompas.com - 28/02/2023, 10:10 WIB
Agustinus Rangga Respati,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menanggapi beredarnya foto anak pejabat yang memamerkan mobil Jeep Rubicon di kawasan Bromo Tengger Semeru.

Ia menjelaskan, kawasan Bromo Tengger Semeru merupakan salah satu destinasi pariwisata prioritas. Hal yang diunggulkan di kawasan tersebut adalah pariwisata berbasis alam konservasi.

"Saya ingin mengingatkan bahwa kita mematuhi peraturan. Jangan sampai kita merusak daya tarik wisata kita,” ujar dia dalam The Weekly Brief with Sandi Uno, Senin (27/2/2023).

Baca juga: Tunggakan Pajak Rubicon dan Optimalisasi PKB

Sandiaga mengaku telah berulang kali mendapatkan kiriman foto yang memperlihatkan mobil atau kendaraan bermotor lain melintasi kawasan Bromo Tengger Semeru.

Padahal, ia berharap kawasan tersebut harus dijaga keaslian dan kelestariannya.

Untuk itu, ia akan berkoordinasi kembali dengan pengurus wisata di tempat itu.

Baca juga: Mario Si Anak Pejabat Pajak: Pamer Harta, Aniaya Orang, Bapaknya Pun Disemprot Sri Mulyani

“Saya akan terus monitor bersama dengan pariwisata provinsi dan kabupaten setempat untuk terus mengimplementasi peraturan dan memberikan pembinaan kepada para tour operator yang mungkin memandu dan menyediakan paket-paket (wisata) tersebut,” imbuh dia.

"Bagi yang menyediakan paket-paket wisata di kawasan tersebut, sebaiknya menjaga dengan baik karena yang kita jual itu adalah keindahan dan kelestarian alamnya. Kalau kita rusak itu tidak akan lagi, menjadi daya tarik wisata untuk dikunjungi oleh para wisatawan," tutup dia.

Baca juga: Imbas Ulah Anaknya Aniaya Orang, Harta Jumbo Pejabat Pajak Rafael Trisambodo Pun Tersorot


Sebagai informasi, kejadian ini merupakan buntut panjang dari penganiayaan yang dilakukan Mario Dandy, anak seorang pejabat Direktorat Jenderal Pajak bernama Rafael Alun Trisambodo.

Laporan Hasil Kekayaan Penyelenggara Negara atau LHKPN Rafael menjadi sorotan masyarakat karena anaknya kerap memamerkan kendaraan mewah seperti mobil Rubicon dan motor gede.

Foto Mario Dandy berpose di depan Rubicon memperlihatkan latar belakang kawasan Gunung Bromo ikut beredar luas di internet.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com